Senin, 24 Oktober 2022

Sosialisasi Penyakit Gagal Ginjal Kepada Anak Sekolah, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bersama Dinas Kesehatan

Sosialisasi Penyakit Gagal Ginjal Kepada Anak Sekolah, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bersama Dinas Kesehatan


Simalungun  |  Stevanus menegaskan agar ada perlu tindakan yang terukur, tepat dan cepat dari pemerintah terkait Gagal Ginjal Akut Misterius ini. Pasalnya, saat ini sudah tercatat 13 kasus gangguan ginjal akut misterius pada anak di DIY. Dari belasan kasus tersebut, enam kasus dilaporkan meninggal dunia. Kita semua berharap korban yang diduga akibat gagal ginjal tidak bertambah. Kita semua khawatir terhadap keselamatan anak-anak kita di DIY, Untuk itu Sosialisasi harus dilakukan kepada masyarakat. Sosialisasi dilakukan dengan tujuan menginformasikan hal-hal yang dapat dilakukan masyarakat terkait dengan kewaspadaan terhadap gagal ginjal akut misterius ini. "Dinkes diharapkan secara masif menginformasikan langkah-langkah preventif maupun langkah strategis lainnya yang harus dilakukan bagi anak-anak yang saat ini sakit, dan membutuhkan obat-obat, yang saat ini dilarang untuk digunakan seperti obat batuk sirup,".

Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tiga Balata jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Iskandar Khan bersama dengan Team Medis Puskesmas Tiga Balata turut serta melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyakit Gagal Ginjal kepada Siswa/i SMP Negeri 1 Kecamatan Jorlang Hataran dan Siswa/i SD Plus Kelurahan Tiga Balata, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lapangan SD Plus Kelurahan Tiga Balata Kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungu, Senin (24/10/2022).

Dalam kegiatan Sosialisasi Penyakit Gagal Ginjal Akut diikuti antara lain, Kanit Binmas Polsek Tiga Balata Ipda JTP Sitompul, Babinsa Koramil 09/TB Serda Iskandar Khan, Kapuskesmas Tiga Balata ibu Marince M. S.Kep Ns MKM, Kepala Sekolah SMP Neg 1 Jorlang Hataran Bapak S.Silaban S.Pd, Kepala Sekolah SD Plus Tiga Balata ibu Riong S. S.Pd, Staf Puskesmas Tiga Balata, Seluruh Guru SMP Neg 1 Jorlang Hataran dan Seluruh Guru SD Plus Kelurahan Tiga Balata.

Adapun anjuran yg disampaikan oleh Kapuskesmas kepada para Siswa/i dalam Sosialisasi Penyakit Gagal Ginjal Akut antara lain, Banyak mengkonsumsi air minum (air masak) 8 s/d 10 gelas / hari, Hindari mengkonsumsi makanan yg mengandung zat pewarna pakaian, Tidak jajan sembarangan, Senantiasa menjaga kebersihan tangan dan kuku, Rajin berolahraga, Pemeriksaan ginjal secara berkala, Tidak mengkonsumsi obat obatan tanpa anjuran Dokter, Konsumsi makanan sehat dan rajin makan buah buahan.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved