Breaking News

Peninjauan Kampung Pancasila Bersama Forpincam Siantar Timur Dilakukan Danramil 02/ST Kodim 0207/Simalungun


Pematang Siantar  |  Dasar Negara Republik Indonesia adalah Pancasila merupakan yang memiliki nilai-nilai luhur yang telah ada jauh sebelum Indonesia Merdeka, kita Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang besar yang beragaman Suku, Agama, Budaya, Bahasa dan Ras, namun belakangan ini dalam kehidupan masyarakat mulai resah khawatir dengan adanya krisis lunturnya penerapan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai Landasan Ideologi dalam Berbangsa dan Bernegara, yaitu dengan timbulnya berbagai gejala dan bibit disintegrasi Bangsa, Praktek dan Perilaku dalam bermasyarakat.

Seperti adanya berita hoax, aksi terorisme dan radikalisme, maraknya peredaran narkoba, korupsi yang merajalela, dengan demikian Pancasila merupakan cita-cita moral bangsa yang memberikan pedoman dan kekuatan Rohaniah bagi tingkah laku hidup sehari hari dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Komandan Koramil (Danramil) 02/Siantar Timur jajaran Kodim 0207/Simalungun Kapten Inf Suheri turut serta melaksanakan kegiatan Peninjauan Kampung Pancasila bersama Forpincam Siantar Timur, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Sanggar Seni Lukis Qalam Jihad Jalan Tongkol Kelurahan Pardomuan Kecamatan Siantar Timur Kota Pematang Siantar, Rabu (28/09/2022).

Danramil dalam kesempatan tersebut menekankan pentingnya merawat nilai-nilai toleransi antar umat beragama, seperti yang dicerminkan lewat simbol enam rumahbibadah dalam Kampung Pancasila. “Kampung Pancasila merupakan destinasi wisata Religi yang di dalamnya terdapat simbol bangunan enam tempat ibadah, yaitu Masjid, Gereja, Kelenteng, Pura dan Vihara”, ujarnya.

Harapannya, Kampung Pancasila ini jangan hanya Seremonial, namun harus kita hayati seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika demi tegaknya Pancasila di tengah-tengah masyarakat kita, tutup Danramil.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN