Rabu, 24 Agustus 2022

Danrem 022/PT Resmi Tutup TNI Manunggal Membangun Desa Ke-114 TA.2022 Kodim 0209/LB

Danrem 022/PT Resmi Tutup TNI Manunggal Membangun Desa Ke-114 TA.2022 Kodim 0209/LB


Labuhan Batu Selatan  |  Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., dengan resmi tutup Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 0209/Labuhan Batu Tahun 2022 yang dilaksanakan bertempat di Desa Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat Labuhan Batu Selatan, Rabu (24/08/2022).

Hadir dan turut menyaksikan dalam upacara penutupan tersebut antaralain,  Bupati Labusel H. Edimin, Wakil Bupati Labusel, Dandim 0209/LB Letkol Inf M. Faizal Rangkuti, S.IP., M.IP., Kasi Intel Rem 022/PT Letkol Inf Ali Siregar, Kasiter Rem 022/PT Mayor Inf Fahrul Muhadi, Kasdim 0209/LB Mayor Inf Hendra Gunawan, Kasatpol PP H.A. Ali Saragih, Ka Bappeda Labusel, Mewakili Kapolres Labuhan Batu Raya Kompol Hermansyah, Kapenrem 022/PT Mayor Inf SH Tanjung dan Dantim Intelrem 022/PT Kapten Inf J Sipayung.

Sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E.,M.M., yang dibacakan oleh Danrem 022/PT mengatakan kegiatan acara penutupan TMMD Ke-114 TA. 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Selama satu bulan sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022, para prajurit, Pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-114 Tahun Anggaran 2022. Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah.


Oleh karena itu, sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiel, sehingga kegiatan TMMD ke-114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar. Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam  membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

Pada program TMMD Ke-114 tahun 2022 yang dilaksanakan di wilayah Kab. Labuhan Batu Selatan, telah dikerjakan sasaran fisik, berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, diantaranya pembukaan badan jalan dari Dusun Gariang Pasar Desa Air Merah Menuju Dusun Tapak Tukul Desa Teluk Panji Kec. Kampung Rakyat dengan Panjang 4.073 M, pembukaan badan jalan Dari Dusun Batang Seponggol menuju Desa Air Merah Kec. Kampung Rakyat, dengan Panjang 6.130 M, kemudian Pembangunan Tugu TMMD.

Pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non-fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bela negara, wasbang, hukum dan kamtibmas, narkoba, serta sosialisasi bahaya teroris, paham radikal dan Pengetahuan Sosial Media. Kegiatan ini dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan Stunting, ketahanan pangan dan penanganan kesehatan.


Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan permohonan maaf apabila dalam  pelaksanaan TMMD ini, terdapat tutur kata, sikap dan tingkah laku para prajurit saya, yang tidak berkenan di hati masyarakat, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Kemudian, ada beberapa atensi dan harapan yang perlu saya sampaikan sebagai tindak lanjut dari program TMMD ke-114 ini : Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi. Kedua, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Ketiga, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Keempat, kepada para Dansatgas TMMD ke-114 lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Kelima, kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.


Pada kesempatan tersebut Bupati Labusel H. Edimin sangat mengapresiasi atas pelaksanaan TMMD ke-114 yang dapat diselesaikan tepat waktu dan berhasil memenuhi target fisik yang telah direncanakan, kerjasama dan sinergitas semua pihak yang merupakan jiwa dari Masyarakat Kampung Rakyat mewujudkan keberhasilan pengerjaan kegiatan fisik TMMD ini, pihaknya berharap agar yang sudah dibangun dijaga bersama, supaya awet dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, kata Bapak H. Edimin.

Lebih lanjut Bapak H. Edimin sangat mengapresiasi hasil kinerja program TMMD setinggi-tingginya kepada rekan-rekan TNI, dengan koordinasi dan sinergi yang baik dan berkat kerja sama yang baik itulah, berbagai target pembangunan telah berhasil dicapai. Mudah-mudahan hasil pembangunan yang telah dilaksanakan dapat bertahan dan bermanfaat dalam waktu yang lama. Terlaksananya upaya peningkatan kapasitas dan pengetahuan masyarakat tentu saja terkait dengan pembangunan desa, saya harap memotivasi masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan desanya. Inilah salah satu langkah efektif peningkatan SDM dalam mewujudkan desa yang mandiri, berdaya dan memiliki daya saing, yang semula harga Ongkos angkut hasil bumi disini mahal menjadi murah dikarenakan jalan yang semakin dekat dan sudah Bagus. “ Saya mengucapkan banyak terimakasih Kepada TNI-AD atas terselenggaranya TMMD ke-114 ini ”.

Bupati berharap dengan adanya akses jalan poros sebagai penghubung antar desa diwilayah Dusun Gariang Pasar Desa Air Merah menuju Dusun Tapak Tukul Desa Teluk Panji Kecamatan Kampung Rakyat ini, diharapkan berdampak pada peningkatan aktivitas di sektor Ekonomi, Sosial maupun sektor lainnya, tidak lupa saya berpesan kepada Masyarakat, mari kita pelihara hasil program TMMD ini agar manfaatnya dapat dinikmati dalam kurun waktu yang cukup panjang, tutupnya.

Salah satu Masyarakat setempat Bapak Dormin Nasution mengatakan saya dan mewakili masyarakat disini mengaku sangat senang, karna kami dapat merasakan akses jalan yang selama ini sulit untuk kami lalui, sekarang kami sudah dapat melalui dan sudah bagus, ini hasil dari kerjabaku TNI (Kodim 0209/LB) yang telah memperbaiki dan membangunnya, ini yang menjadi dambaan kami selama ini sudah terbangun secara baik oleh Satgas TMMD ke-114 Kodim 0209/Labuhan Batu. Kami sudah bisa tersenyum bahagia dan bangga, beberapa pembangunan Jalan yang sudah bagus dibangun oleh TNI berkat program TMMD KE-114 Kodim 0209/LB ini, terang Bapak Dormin Nasution.

Diahkir kegiatan Upacara tersebut Danrem 022/PT memberikan Tali Asih dan Sembako untuk Yatim Piatu, kemudian meninjau Sunat Massal, dilanjutkan Peninjauan Tugu TMMD Ke-114 dan Ramah Tamah dikediaman Bupati Labusel.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved