Kamis, 25 Agustus 2022

Tingkatkan Kualitas Babinsa, Kodim 0207/Simalungun Gelar Binsiap Apwil Dan Puanter Semester II TA 2022

Tingkatkan Kualitas Babinsa, Kodim 0207/Simalungun Gelar Binsiap Apwil Dan Puanter Semester II TA 2022


Simalungun  |   Guna meningkatkan kesiapan Prajurit dalam melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0207/Simalungun menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Semester II tahun 2022, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Aula Koramil Model 08/Bangun Kodim 0207/Simalungun Jalan Asahan Km. 5,5 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Kamis (25/08/2022).

Penyelenggaraan Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter Semester II TA 2022 Kodim 0207/Simalungun dibuka oleh Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy SB., S.I.Pem., M.Han, yang diwakili oleh Kasdim 0207/Simalungun Mayor Inf Margana dan dihadiri oleh, Pasipuanter Rem 022/PT Mayor Inf Sukaraito beserta 2 orang anggota Staf Ter Rem 022/PT, Pasiter Dim 0207/Simalungun Kapten Inf Supriadi, Danramil Jajaran Kodim 0207/Simalungun, Perwakilan Babinsa tiap Koramil Jajaran Kodim 0207/Simalungun juga sebagai peserta Penyelenggaraan Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter Semester II TA 2022 Kodim 0207/Sml yg hadir 110 orang.

Dandim 0207/Simalungun melalui Kasdim mengatakan bahwa kegiatan Binsiap Apkowil dan Puanter dilaksanakan bertujuan membentuk sikap insan teritorial yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam sikap teritorial, yang benar dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas sebagai aparat Komando Kewilayahan. “Kegiatan ini juga untuk lebih memberikan pemahaman tentang bagaimana Aparat Teritorial khususnya Babinsa, selaku ujung tombak satuan dalam mengumpulkan data teritorial, analisa kejadian, penyusunan rencana kegiatan Binter, membuat laporan kegiatan Binter di lapangan,” katanya.

Dandim menghimbau setiap Danramil dan Babinsa, agar selalu menjalin kerjasama yang baik dengan aparat pemerintah di wilayah binaannya masing-masing, mulai dari tingkat desa hingga tingkat Kecamatan. Adapun materi yang akan diterima peserta kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter tersebut, adalah 5 Kemampuan teritorial, sikap teritorial, tiga metode binter, Kondisi alam di wilayah binaan serta materi adat istiadat dan budaya masyarakat di wilayah binaan, terangnya.

Pasipuanter Rem 022/PT Mayor Inf Sukaraito mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan setiap semester ini agar para Babinsa jajaran Korem 022/PT lebih memahami dan mahir melaksanakan tugas di wilayah binaan. “Sehingga, para Babinsa memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah,” ujarnya.

Mayor Inf Sukaraito berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan setiap triwulan ini mampu untuk meningkatkan kemampuan prajurit kewilayahan secara kuantitas. Sehingga mampu berinteraksi yang baik dengan masyarakat di wilayah binaanya. “Dilaksanakannya kegiatan ini juga untuk mewujudkan mental dan disiplin, serta semangat aparat kewilayahan yang tangguh dan profesional,” pungkasnya.

Pemberian materi antara lain, Materi Sikap ter  oleh Kapten Inf carles Tarigan pemberi materi  Carles, Materi Lima puanter oleh Kapten Inf Inf Swito, Materi Metode Binter Lettu Inf A. Pinus dan Materi Langka dan tindakan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menerabkan prokes guna pencegahan penyebaran covid-19 Kapten Inf  D. Sembiring. Penyelenggaraan Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter Semester II TA 2022 Kodim 0207/Sml selesai di laksanakan dalam keadaan aman dan tertib.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved