Breaking News

Koramil 11/GSB Kodim 0207/Simalungun Gelar Peyuluhan Sosialisasi Kesehatan Tentang Penyakit Kanker Dan Tumor


Simalungun  |  Sehubungan dengan meningkatnya jumlah penderita kanker di Indonesia dan bedasarkan riset yang dilakukan oleh dinas kesehatan Provinsi Jawa Timur bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menyatakan bahwa penderita kanker di Jawa Timur terus naik sejak lima tahun terakhir. Pada tahun 2019 terdapat 2,2 juta penderita kanker perseribu penduduk di jawa timur. Kasus ini meningkat dari tahun 2014 yang hanya 1,4 juta perseribu penduduk, bisa diartikan terjadi peningkatan 85 ribu orang pertahunnya.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Komandan Koramil (Danramil) 11/Girsang Sipangan Bolon Kapten Inf Richard Pasaribu bersama dengan Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 11/Girsang Sipangan Bolon jajaran Kodim 0207/Simalung dan Persit turut serta menghadiri dan pelaksanakan kegiatan Penyuluhan/Sosialisasi Kanker dan Tumor, dalam pelaksanaan dengan mengikuti kegiatan Penyuluhan/Sosialisasi Kanker dan Tumor yang dilaksanakan bertempat di Kantor Koramil 11/Girsang Sipangan Bolon, Rabu (29/05/2024).

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut turut serta dihadiri oleh, Danramil 11/Girsang Sipangan Bolon Kapten Inf Ricard Pasaribu, Tim Penyuluh LPKI Ibu Tut Wuri, 5 orang Personil Koramil 11/Girsang Sipangan Bolon dan 4 orang Anggota Persit KCK Ranting 12 Koramil 11. Penjelasan tentang penyakit Kanker, Penyebab terjadinya penyakit Kanker, Macam-macam penyakit Kanker dan cara mencegah terjadinya penyakit Kanker.

Menurut penjelasan Tim Penyuluh LPKI Ibu Tut Wuri menyatakan bahwa sosialisai kesehatan tentang penyakit kanker bertujuan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan masyarakat dan menurunkan angka penderita kanker di Jawa Timur serta didukung dengan Permenkes No.34 Pasal 4 tahu 2015 tentang upaya preventif dan Promotif penanggulangan penyakit kanker. Dalam pelaksanaan sosialisasi, Ibu Tut Wuri menjelaskan pengertian kanker dan faktor pemicu penyakit kanker dan cara mengenali dan mendeteksi gejala awal kanker prostat, kanker serviks, dan kanker payudara serta pencegahan (preventif) agar terhindar dari penyakit kanker. “Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, karena pada stadium awal umumnya tidak bergejala sehingga sulit terdeteksi. Oleh karena itu, melaksanakan pemeriksaan untuk deteksi kanker sejak dini sangatlah penting agar penanganannya dapat segera dilakukan dan peluang sembuh pun semakin tinggi,” ungkap Ibu Tut Wuri.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN