Selasa, 06 September 2022

Danramil 06/Kisaran Kodim 0208/Asahan Resmikan Kelurahan Kisaran Baru Jadi Kampung Pancasila

Danramil 06/Kisaran Kodim 0208/Asahan Resmikan Kelurahan Kisaran Baru Jadi Kampung Pancasila


Asahan  |  Komandan Koramil (Danramil) 06/Kisaran Kapten Arm Viktor Hutagaol jajaran Kodim 0208/Asahan meresmikan Kelurahan Kisaran Baru menjadi Kampung Pancasila, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kelurahan Kisaran Baru Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan, Selasa (06/09/2022).

Pada kesempatan tersebut Danramil 06/Kisaran Kapten Arm Viktor Hutagaol dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas Peresmian Kampung Pancasila ini, peresmian Kampung Pancasila ini merupakan langkah yang sangat positif, karena memiliki potensi besar sebagai contoh terlaksananya toleransi dan wujud Bhinneka Tunggal Ika, sehingga mampu merekatkan  persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman suku, ras, agama maupun budaya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat kelurahan Kisaran Baru yang hadir pada saat itu tentang nilai-nilai dari Pancasila dan menyatukan masyarakat yang heterogen berbeda suku, agama, budaya di wilayah binaan.

Lebih lanjut Kapten Arm Viktor Hutagaol mengatakan disamping itu pada peresmian Kampung Pancasila dilaksanakan juga pemberian materi pemahaman arti Pancasila kepada anak sekolah SD Negri 13 Kelurahan Kisaran Baru. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh peserta yang hadir untuk dapat memberikan wawasan kepada generasi muda harapan keluarga, Bangsa dan Negara.


Latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila ini adalah untuk penerapan nilai leluhur budaya bangsa dalam kehidupan beragama yang saling menghargai dan menghormati sesama pemeluk agama walaupun berbeda-beda keyakinan, sehingga Kampung Pancasila dapat dijadikan sebagai contoh toleransi antar umat beragama yang hidup damai dalam perbedaan, tanpa ada konflik.

Saya yakin dan percaya, terpilihnya Kelurahan Kisaran Baru ini sebagai Kampung Pancasila, karena memiliki nilai toleransi agama yang tinggi, dimana masyarakatnya selalu hidup dengan damai dan rukun, walaupun berbeda keyakinan.

Sambutan Camat diwakili Sekcam Kota Kisaran Barat, kita semua berharap Kelurahan Kisaran Baru ini dapat terus berusaha menjaga kedamaian dan memelihara kerukunan warga, saling bekerja sama, tanpa membedakan keyakinan, sehingga tidak dapat di adu domba. Oleh karena itu, saya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Kelurahan Kisaran Baru yang selama ini telah menjaga kerukunan, toleransi beragama dan telah mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Walaupun kita berbeda bukan menjadi suatu alasan bagi kita untuk berpecah belah, tetapi jadikan perbedaan yang kita miliki ini menjadi suatu kekuatan bagi kita, terang Sekcam Kota Kisaran Barat.

Peresmian Kampung Pancasila ditandai dengan pengguntingan pita oleh Danramil 06/KS didampingi Forkopincam, pada pelaskanaan peresmian Kampung Pancasila di Kelurahan Kisaran Baru tersebut turut serta dihadiri oleh, Ibu Nola Sekcam Kisaran Barat, Aiptu Ismail Pulungan mewakili Kapolsek Kisaran Kota, Bapak Erwin Saputra Lurah Kisaran Baru, Ketua LPM Kisaran Baru, Tokoh Adat, Agama, Pemuda, Masyarakat, Para Guru dan Anak SD Negeri 13 Kisaran Baru, Anggota Koramil 06/Kisaran dan Warga Kelurahan Kisaran Baru yang hadir pada saat kegiatan.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved