Breaking News

Dandim 0207/Simalungun Hadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116 Tahun 2024


Simalungun  |  Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Slamet Faojan M.Han., yang diwakili oleh Kepala Staf (Kasdim) Kodim 0207/Simalungun Mayor Inf Margana turut serta menghadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116 Tahun 2024 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, dengan mengusung tema “Bangkit Untuk Indonesia Emas”, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di halaman Kantor Bupati Simalungun Kecamatan Pamatang Raya Kabupaten Simalungun, Senin (20/05/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Simalungun diwakili Sekda Esron Sinaga, sebagian komandan Upacara Kapten Inf Bangsawan Harahap (Danramil 16 Panei Tongah) dan perwira upacara Kapten Inf Rudianto (Pasi Pers Kodim 0207/Sml).

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi dalam Amanatnya yang dibacakan oleh Sekda mengatakan, lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia, hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini. Pendidikan yang hanya ditujukan pada priayi Jawa diperluas menjadi pendidikan untuk seluruh rakyat Bumiputera. Perjuangan memajukan kebudayaan Jawa diperluas menjadi perjuangan politik mengusir penjajahan Belanda. Perluasan dari cita-cita yang telah ditumbuhkan oleh Boedi Oetomo mencapai titik puncaknya pada proklamasi kemerdekaan. Sebelum Boedi Oetomo, adalah Kartini, perempuan dari kota kecil Jepara, yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan, melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia.

Apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai “jembatan emas”. Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai sebuah “jembatan emas” yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN