Breaking News

Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Lakukan Sosialisasi Masalah Hama Lalat Kepada Peternak di Desa Binaan


Simalungun  |  Guna dukung perkembangan peternakan dalam meningkatkan produktivitas hewan ternak, diperlukan suatu upaya dalam pencegahan penyakit, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Tanah Jawa jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda RW. Sihombing melaksanakan kegiatan sosialisasi masalah hama lalat warga Bosar Nauli bersama pengusaha Ternak Ayam. Kegiatan tersebut berlokasi di Balai Desa Nagori Bosar Nauli, Kecamatan Hatonduan, Kabupaten Simalungun, Selasa (27/06/2023).

Dalam keterangannya Serda RW. Sihombing mengatakan disaat sedang melaksanakan pemantauan wilayah binaan, menyempatkan diri untuk mampir ke tempat yang merupakan peternak ayam petelur. Babinsa mengingatkan kepada bapak peternak agar dalam beternak ayam untuk dapat memperhatikan faktor perawatan mulai dari pemberian pakan yang rutin hingga kebersihan kandang ayam selalu terjaga serta obat-obatan untuk kesehatan pada ayam agar terhindar dari penyakit.

Ia juga menghimbau agar dapat menjaga khususnya kebersihan kandang ayamnya sehingga tidak menimbulkan bau busuk di sekitar kandang dan tidak mengganggu lingkungan masyarakat setempat. "Sudah semestinya seorang Babinsa harus selalu ada di tengah-tengah warga binaannya, agar komunikasi dengan warga dapat terjalin dengan baik. Dan juga dapat memberikan motivasi dan ide-ide yang dapat memajukan usaha-usaha di wilayah binaanya, seperti usaha peternakan ayam petelur ini," ucap Serda RW. Sihombing.

"Babinsa juga mengingatkan dan menghimbau agar peternak ayam senantiasa mengajak warga dan memberikan contoh dalam pengembangan ternak ayam, apalagi disaat pandemi seperti saat ini. Dimana Peternakan ayam seperti yang dilakukan sangat membantu perekonomian khususnya peternak dan masyarakat pada umumnya bisa mengkonsumsi telur untuk menjaga kesehatan".

Salah satu peternak ayam petelur menyampaikan "beberapa kendala yang dihadapi seperti cuaca jika cuaca panas kadang ayam tidak bisa bertelur karena ayam tidak bisa di tempat yang panas, sehingga kadang harus di pasangkan kipas angin. Mengenai pakan dan vitamin harus dibeli dari kota," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan Pangulu Bosar Nauli ibu Heppi n Sidauruk, Ketua maujana Bapak Listiyo, Babinsa Koramil 10TJ, sekdes Bapak Tukiman, para Gamot Nagori Bosar Nauli, dan warga Bosar Nauli.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN