Breaking News

Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Lakukan Sosialisasi Pada Rapat Koordinasi Dapur Sehat Atasi Stunting


Pematang Siantar  |  Pemerintah lakukan percepatan penuntasan stunting nasional dengan berkomitmen untuk mengubah kampung keluarga berencana menjadi kampung keluarga berkualitas (KB). Agar tidak sekadar jargon, di setiap kampung KB dibuat aksi nyata khususnya untuk pencegahan tengkes. Salah satunya Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat). dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Siantar Selatan jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu D. Sirait turun kewilayah binaan untuk turut serta menghadiri Rapat Koordinasi Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) diwilayah binaan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan berlokasi di Aula Kantor Camat Siantar Marihat Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematang Siantar, Minggu (07/05/2023).

Susunan acara dimulai dengan pembukaan, doa, kemudian kata sambutan bapak camat dan Kepala UPTD KB. Dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Adapun topik yang dibahas adalag menu makanan yang akan dimasak yang diajukan ahli gizi untuk kebutuhan anak stunting dan ibu menyusui, tempat memasak ditiap-tiap kelurahan, dan kader DASHAT memperagakan cara memasak menu untuk ibu menyusui dan anak stunting.

Di tempat terpisah Sertu D. Sirait mengatakan sosialisasi ini di lakukan sebagai salah satu upaya percepatan penurunan angka prevalensi stunting. “Stunting itu penting untuk diatasi karena angkanya di Indonesia masih sangat tinggi,” ucap Babinsa.

Babinsa Sertu D. Sirait menyampaikan bahwa Dapur Sehat Atasi Stunting akan ada dalam kampung keluarga berkualitas (Kampung KB). Menjadi pusat gizi serta pelayanan pada anak Stunting. “Saya minta petugas posyandu untuk terus memantau ke rumah-rumah warga yang sedang hamil atau menyusui dan memiliki balita.” kata Babinsa.

Kepala Puskesmas mengatakan "kegiatan posyandu selama pandemi sempat terhambat. Namun kegiatan pemantauan tumbuh kembang balita melalui bulan penimbangan dan pemberian vitamin A tetap di lakukan. Tumbuh kembang balita sangat di tentukan juga oleh asupan makanan yang di berikan sehingga melalui intervensi spesifik dan sensitif menjadi penting,” pungkasnya.

Turut hadir Camat Siantar Marihat, Danramil diwakili Babinsa, Kapolsek diwakili Kanit binmas, Kepala UPTD KB bapak Albiner hutapea, Kapus parsoburan, Kapus Bp Nauli, Kapus pardamean, Lurah se kec.Siantar marihat, tim PKK, dan Kader DASHAT.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN