Breaking News

Warga Simalungun Yang Mendaftar Komcad di Kodim 0207/Simalungun Sudah 42 Orang


Simalungun  |  Sejak dibuka pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad), Komando Distrik Militer (Kodim) 0207/Simalungun hingga saat ini telah menerima pendaftar sebanyak 42 orang. "Data siang ini, jumlah pendaftar Komcad  sebanyak 42 orang," kata Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem., M.Han, melalui Pasiter Kodim 0207/Simalungun Kapten Inf Charles Tarigan di Makodim, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Jhon Horailam Saragih Kecamatan Pamatang Raya Kabupaten Simalungun, Selasa (11/04/2023).

Dengan hasil pelaksaan cek administrasi calon peserta Komcad yang ada di wilayah Kodim 0207/Simalungun diantaranya, untuk jumlah pendaftar 42 orang, dengan Rekomendasi Lulus 16 orang, diantaranya adalah, Ade Heru Prabowo Hasibuan, Jaewanto, Rahul Krisna Ketaren, Desman Sidabutar, Ferry Haryanto Silalahi, Agil Ramadhan, Boi Meningkat P Manalu, Juardi Rangkuti, Heru Wahyono, Arief Rahma Aziz, Gilang Ramadhan, Darma Afif, Leo Rantonius Siburian, Yan Fathona Wijaya, Johan Donri Sitorus, Reinaldi Damanik. Adapun untuk cek administrasi diantaranya, Pemeriksaan dokumen pendaftaran : Cek postur tubuh (tinggi badan/berat badan), dengan hasil pemeriksaan untuk kelulusan 13 orang diantaranya Tamatan SMA : 8 orang, Tamatan S1/D4 : 5 orang, TB -165 : 2 orang dan TB +165 : 11 orang.

Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama (TNI), setiap Kodim diberi kuota sebanyak 30 orang untuk menerima pendaftar  sebagai anggota Komcad, pendaftaran anggota Komcad ini terbuka untuk umum bahkan bagi Pegawai Negeri Sipil atau ASN maupun pegawai swasta atau masyarakat yang sudah memiliki pekerjaan bisa mendaftar dengan batasan umur maksimal 35 tahun. "Bagi peserta dari instansi pemerintah maupun swasta harus mendapat izin dari atasan atau pimpinan instansi, karena mereka akan kembali ke instansi asal setelah selesai mengikuti pendidikan," katanya.

Adapun waktu pendidikan selama tiga bulan, anggota Komcad akan menjalani pendidikan dasar militer seperti latihan fisik, bela diri, hingga latihan menembak dengan amunisi atau peluru tajam. "Selama pendidikan seluruh biaya, makan, penginapan ditanggung pemerintah, bahkan diberi uang saku," ujarnya.

Lanjutnya, setelah tiga bulan menjalani pendidikan, peserta Komcad kembali ke masyarakat atau bekerja kembali di kantor asalnya. Mereka harus siap sewaktu-waktu  dipanggil  ketika negara membutuhkan  tambahan personil  untuk sebuah operasi militer. Komcad layaknya anggota TNI, memiliki atribut seperti seragam, kepangkatan dan dibekali senjata. Namun atribut  tersebut itu tidak diperkenankan disimpan masing-masing anggota Komcad, melainkan dititipkan di Kodim setempat. "Mereka juga dapat seragam, ada pangkatnya, bedanya baju kami ada tulisan TNI, mereka tertulis Komcad. Mereka juga pegang senjata, ada nomor senjatanya.  Semua atribut dan senjata disimpan di Kodim," terangnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN