Breaking News

Hindari Banjir, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Anjurkan Masyarakat Agar Menyediakan Lubang Biopori


Simalungun  |  Dalam menghimbau warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menganjurkan agar membuat lobang sampah di setiap rumah warga, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14/Raya jajaran Kodim 0207/Simalungun Kopda Ganda P Saragih turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan warga masyarakat desa binaan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Dolok Huluan Kecamatan Dolok Massagal Kabupaten Simalungun, Rabu (12/04/2023).

Pada kesempatan tersebut Babinsa mengungkapkan, kenapa kami tekankan untuk tiap Desa membuat lubang biopori minimal tiap rumah dua lubang, fungsinya untuk peresapan air ke tanah agar tidak lewat atas atau sungai, yang kedua untuk menjaga kesuburan tanah air dan kandungan air tanah, untuk mengatasi sampah rumah tangga atau sampah organik dari rumah tangga. Jadi ibu rumah tangga itu bisa memanfaatkan lubang biopori untuk memasukan sampah organik atau sampah basahnya ke dalam lubang. Satu lubang bisa satu bulan menampung jadi habis masak itu yang sampah-sampah basah masukin ke situ itu untuk menjaga kesuburan tanah dan supaya sampah-sampah tidak berceceran kemana-mana, tuturnya.

Menurut Kopda Ganda P Saragih, usulan membuat dua lubang biopori di setiap rumah akan disosialisasikan oleh pada dansub sector, himbauan ini kami sampaikan juga pada setiap desa agar rumah warga mereka memiliki dua lubang biopori, bisa dilubangi dekat dapur supaya dekat dengan sampah sisa memasak ibu-ibu, pihaknya siap membantu warga yang mengalami kesulitan dalam membuat lubang biopori. Sektor 1 memiliki mesin untuk melubangi tanah untuk jadi lubang biopori dengan kedalaman satu meter. “Saya kira itu salah satu upaya kita membantu masyarakat dalam bersama-sama menjaga lingkungan,” kata beliau.

Di sisi lain, Kopda Ganda P Saragih pun meminta masyarakat memilah sampah dari rumah. Kemudian dengan adanya TPS yang sudah ada, dia pun mengimbau ada upaya pemilahan sampah organik dan non organik untuk bisa diolah agar mendapatkan nilai ekonomi yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN