Breaking News

Kompak Marharoan Bolon Bersama Para Pangulu, Apem, dan Warga Dilaksanakan Personel Koramil 07/BM Kodim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Dalam setiap kebudayaan yang diwariskan, tersirat segala petuah, segala maksud dan tujuan positif, mengajarkan bagaimana tata cara berkehidupan beradab dan penuh moral, kesopanan, sosial, serta menghormati sesama, bahkan budaya sejak lama telah mengajarkan kita bagaimana cara untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cara bergotong royong. Budaya adalah kekayaan yang diwariskan para pendahulu kita, yaitu para nenek moyang. Budaya adalah harta yang akan mengalir, dari satu generasi, ke generasi berikutnya, selama kita berusaha mencinta dan menjaga, mewariskan kepada mereka,para penerus muda. Hal inilah yang mendasari dan menginspirasi personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Bosar Maligas Jajaran Kodim 0207/Simalungun, Serma Temu untuk melaksanakan Kegiatan Marharoan Bolon Bersama Forkompincam, kegiatan ini terlaksana dijalan Perjuangan Kelurahan Ujung Padang Nagori Bosar Maligas Kecamatan Ujung Kabupaten Simalungun, Selasa (27/12/2022).

Marharoan Bolon merupakan Kalimat yang berasal dari Bahasa Batak Simalungun. Secara harafiah Marharoan Bolon terdiri dari dua Suku Kata, Marharoan berarti bekerja  dan Bolon berarti Besar, jadi jika diartikan pemaknaan Marharoan Bolon adalah bekerja besar. Yang dimaksud bekerja besar disini adalah kegiatan menyelesaikan suatu pekerjaan besar yang dilakukan masyarakat simalungun secara Bersama-sama. hal ini merupakan Budaya yang telah dilaksanakan dan diterapkan dan diwariskan suku Batak Simalungun sejak zaman dahulu. jadi,dengan kata lain, marharoan bolon yang dimaksud disini adalah kegiatan gotong royong yang dilaksanakan masyarakat Batak Simalungun.

Pada kesempatan ini Babinsa dan bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pimpinan di Kecamatan (Forkopincam)  melaksanakan Kegiatan Marharoan Bolon.  Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Ujung Padang Bapak H.Manaon Siregar S.Pdi, M.Si, beserta Staf Kecamatan Turut Ikut serta melaksanakan Kegiatan Marharoan Bolon,dan para Warga Binaan Kelurahan Ujung Padang, selain itu Ormas Pemuda Pancasila Kecamatan Ujung Padang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, tutupnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN