Selasa, 08 November 2022

Kegiatan Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Hadiri Diskusi Kerukunan

Kegiatan Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Hadiri Diskusi Kerukunan


Simalungun  |  Dengan mengajak para tokoh-tokoh yang ada dimasyarakat menjaga kerukunan masyarakat dalam rangka penanganan dan penanggulangan konflik sosial berbasis kekerasan, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Bosar Maligas jajaran Kodim 0207/Simalungun Serma Temu turut serta melaksanakan kegiatan mengikuti Diskusi Kerukunan Bersama Forkompincam Pimpinan Ormas Keagamaan Tokoh Agama dan Masyarakat FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama), kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Balai Harungguan Nagara Bhakti Kantor Camat Ujung Padang Kabupaten Simalungun, Selasa (08/11/2022).

Dalam pelaksanaan kegiatan mengikuti Diskusi Kerukunan Bersama Forkompincam Pimpinan Ormas Keagamaan Tokoh Agama dan Masyarakat FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) tersebut turut serta dihadiri oleh, Camat Ujung Padang Bapak H Manaon Siregar S.Pdi, M.Si, Ketua FKUB ( Forum Kerukunan Umat Beragama) bpk. Drs. Muhammad  Nurdin Panjaitan, Ka KUA Bapak Usman S.Ag, Bhabinkantibmas Aipda Surya Admaja, Seluruh Tokoh Agama Kecamatan Ujung Padang dan Tokoh Tokoh Masyarakat Kelurahan Ujung Padang.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serma Temu dalam pembukaanya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah saat ini dibeberapa tempat sering terjadi konflik antar anak bangsa.  Konflik tersebut dari hal sepele akan tetapi dampaknya bisa merembet konflik suku, agama dan sebagainya, saat situasi aman seperti ini upaya pencegahan konflik oleh aparat pemerintahan adalah dengan Memelihara Kondisi Damai dalam Masyarakat. Mengembangkan sistem Penyelesaian secara Damai.  Meredam potensi konflik dengan membangun sistem peringatan dini.

Kegiatan yang bisa dilakukan dalam upaya mencegah terjadinya konflik adalah dengan cara penguatan kerukunan umat beragama; peningkatan kesadaran hukum; pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan kepada seluruh masyarakat sehingga masyarakat bangga menjadi warga negara Indonesia dan menonjolkan kearifan lokal.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved