Sabtu, 29 Oktober 2022

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 Di Kota Pematang Siantar Dihadiri Dandim 0207/Simalungun

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 Di Kota Pematang Siantar Dihadiri Dandim 0207/Simalungun


Pematang Siantar  |  Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., yang diwakilkan oleh Komandan Koramil (Danramil) 02/Siantar Timur Kapten INF Suheri turut serta melaksanakan kegiatan mengahdiri dan mengikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lapangan Simarito Jalan Adam Malik Kota Pematang Siantar, Jum’at (28/10/2022) kemarin.

Tepat 94 Tahun yang lalu, pada tanggal 28 Oktober 1928 Pemuda dan Pemudi Indonesia yang tergabung dalam beberapa organisasi kepemudaan membulatkan tekad untuk mempersatukan Indonesia menjadi satu Nusa, Bangsa dan Bahasa. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022 kali ini mengangkat tema ““Bersatu bangun Bangsa”, Walikota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya Walikota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menyampaikan  Peringatan  Hari   Sumpah  Pemuda adalah  upaya  kita menghadirkan sejarah masa lalu  untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi  pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan  inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai factor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti  dengan  rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.  Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Peringatan Harl Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting, karena ancaman-ancaman terhada kesatuan Indonesia selalu ada  bersamaan  dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Tema peringatan Harl ·sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjacli pengejawantahan nilai  agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang  akan datang.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved