Rabu, 20 Juli 2022

Dandim 0207/Simalungun Bersama Forkopimda Laksanakan Vaksinasi Pada Hewan Ternak

Dandim 0207/Simalungun Bersama Forkopimda Laksanakan Vaksinasi Pada Hewan Ternak


Pematang Siantar  |  Sebagaimana manusia, hewan ternak juga sangat memungkinkan terserang berbagai jenis penyakit, baik yang menular maupun yang tidak menular. Vaksinasi adalah salah satu cara untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit tertentu. Tujuan dari vaksinasi intinya untuk memberikan kekebalan (antibodi) pada ternak sehingga dapat melawan antigen atau mikro-organisme penyebab penyakit. Vaksinasi adalah pemberian antigen untuk merangsang system kebal menghasilkan antibody khusus terhadap penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan protozoa. Seperti diketahui, penyakit pada ternak itu terbagi atas penyakit infeksi dan penyakit non infeksi.

Dalam hal ini Komandan Kodim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy S.B.,S.I.Pem., M.Han., yang diwakilkan oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0207/Simalungun Kapten Inf Supriadi turut serta melaksanakan kegiatan Vaksinasi Ternak dengan target 116 ekor hewan sapi di 4 Kecamatan 6 Kelurahan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kelurahan Tanjung Tongah Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar, Rabu (20/07/2022).

Pada pelaksanaan kegiatan Vaksinasi Ternak dengan target 116 ekor hewan sapi di 4 Kecamatan 6 Kelurahan tersebut turut serta dihadiri oleh, Dandim 0207/Simalungun yang diwakili Kapten Inf Supriadi Pasiter Kodim 0207/Simalungun, Kapolres Kota Pematangsiantar AKBP Fernando S.IK., Pasi Intel Kejaksaan Bapak Hendra Yogi Pardede, S.H, Pasi Gakkum Denpom I/1Kapten Cpm Sukarto Sembiring, Danramil 01/SU Kapten Inf Prawoto, Kapolsek Siantar Martoba, Mewakili PLT Walikota Bapak Budi Utari Siregar Sekda Kota Pematangsiantar, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Bapak Ali Akbar Siregar, Kadis Kominfo Bapak Johanes Sihombing, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimimpinan Ibu Mardiana, S.H, Camat Siantar Martoba Bapak Prasizu Minly Harahap, Camat Siantar Barat Bapak Pardomuan Nasution, Para Lurah Kecamatan Siantar Martoba, Para Babinsa Mil 01/SU dan Para Babinkamtibnas Siantar Martoba.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0207/Simalungun melalui Pasiternya mengungkapkan, Saya mewakili Forkopimda Siantar mendukung penuh kegiatan ini, harapannya juga agar para warga juga mendukung kegiatan supaya hewan yang dimiliki jauh dari Penyakit Mulut Kuku yang lagi melanda Indonesia terutama Kota Pematangsiantar serta saya juga mengucapkan terimakasih kepada Tim pelaksana penyuntikan atas waktunya berkenan melaksanakan vaksinasi hewan yang ada di Kota Pematangsiantar, terangnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan, Penyakit Mulut dan Kuku (biasa disingkat PMK) merupakan penyakit epizootika yang menyerang ternak besar, terutama sapi dan babi. Variasi penyebutannya adalah Penyakit Kuku dan Mulut atau singkatan nama bahasa Inggrisnya, FMD (dari foot and mouth disease, juga disebut hoof and mouth disease). Penyakit ini disebabkan oleh virus dari familia Picornaviridae. Pada umumnya PMK menyerang hewan berkuku genap, seperti sapi, kerabu, kambing, domba, babi, gajah, jerapah, dan menjangan, penyakit yang disebabkan oleh virus picorna ini memiliki gejala klinis antara lain, suhu tubuh meningkat dan akan terlihat jelas pada sapi yang masih muda, dan biasanya suhu tubuh akan turun sendirinya setelah terbentuknya lepuh-lepuh, sebagai pembudidaya ternak yang terbaik adalah melakukan upaya pencegahan supaya ternak tidak terjangkit penyakit, tutup Pasiter.

Pada kesempatan itu juga Sekda Kota Pematangsiantar mengatakan, Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan vaksinasi tahap pertama yang berjumlah 116 ekor hewan yang dilaksanakan di Kota Pematang Siantar, hari ini dipastikan vaksinasi untuk 116 ekor selesai dilaksanakan yang terletak di 4 Kecamatan dan 6 Kelurahan. Posisi terpapar terakhir ada 50 ekor dari 138 ekor yang 50 ada kendala karena peternak melepas di 1 hamparan sulit untuk menyatukan, terang Sekda Kota Pematangsiantar.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved