Sabtu, 16 Juli 2022

Cegah PMK, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Gelar Pengecekan Dan Pendataan Hewan Ternak

Cegah PMK, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Gelar Pengecekan Dan Pendataan Hewan Ternak


Pematang Siantar  |  Dalam rangka mencegah serta mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Wilayahnya, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Siantar Utara jajaran Kodim 0207/Simalungun Serma Kamal Chaniago bersama Satgas PMK Kecamatan Siantar Martoba (Bapak drh. Pinondang Hutabarat dan PPL Bapak Lumbantoruan) dalam rangka untuk melaksanakan kegiatan pendataan hewan ternak sapi di wilayah Kelurahan Sumber Jaya yang rencananya akan mendapatkan vaksin PMK dengan pengecekan dan pendataan hewan ternak serta pemiliknya, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Sumber Jaya Simpang Mayat Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar, Sabtu (16/07/2022).

Pada saat pelaksanaan kegiatan pendataan hewan ternak sapi di wilayah Kelurahan Sumber Jaya dengan telah melakukan sambang dan pendataan pemilik ternak seperti sapi dan kambing bersama dengan Satgas PMK Kecamatan Siantar Martoba (Bapak drh. Pinondang Hutabarat dan PPL Bapak Lumbantoruan) dengan data diantaranya adalah Peternak Sapi an Bapak M. Nasib yang beralamat Kandang di Jalan Sumber Jaya Simpang Mayat Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Siantar Martoba dengan rencana jumlah hewan yang akan divaksin sebanyak 4 ekor. Peternak Sapi an Bapak Nurdin yang beralamat Kandang di Jalan Sumber Jaya Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Siantar Martoba yang rencana jumlah hewan yang akan divaksin sebanyak 7 ekor.

Kegiatan pendataan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan monitoring terkait terjadinya wabah atau virus PMK (penyakit mulut dan kuku) yang saat ini menyerang ternak sapi, pendataan ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya hewan ternak seperti sapi yang dipelihara oleh masyarakat terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). Kami mengimbau kepada masyarakat apabila ditemukan gejala PMK pada hewan ternak, agar segera melaporkan ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Kota Pematang Siantar melalui Kelurahan dengan ciri-ciri hewan ternak yang terpapar PMK yaitu demam, pincang dan mulut berliur, tuntasnya.

Dengan melakukan pengecekan kepada Pemilik Ternak Hewan ini dilakukan guna mengantisipasi menyebarnya PMK khususnya diwilayah Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun wilayah Kodim 0207/Simalungun, saat berdialog dengan pemilik ternak bahwa hewan hewan ini sudah dilakukan penyuntikan Vaksin oleh Dinas Peternakan Mantri. Selain itu disampaikan himbauan bahwa para pemilik ternak agar selalu kordinasi apabila adanya keluhan terhadap hewan miliknya dan atau adanya tanda-tanda PMK dan lakukan segera Vaksinasi terhadap hewan peliharaan ataupun hewan dagangannya serta jaga kesehatan lingkungan dan kandang agar hewan tetap bersih dan sehat, tutup Babinsa Serma Kamal Chaniago.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved