Kamis, 25 Februari 2021

Ribuan Lalat Hitam Serbu Rumah Warga Di Muaro Jambi

  Ribuan Lalat Hitam Serbu Rumah Warga Di Muaro Jambi

Ribuan Lalat Hitam Serbu Rumah Warga Di Muaro Jambi

SULUH POS ■ Sejak beberapa tahun terakhir rumah warga di Desa Sungai Bertam, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, dihinggapi ribuan lalat hitam.

Kondisi tersebut membuat warga merasa risih dan menjijikan. Apa lagi lalat merupakan binatang yang suka hinggap ditempat kotor yang barang pasti membawa berbagai kuman dan bibit penyakit.

"Menjijikan, setiap hari lalat ini menghinggapi makanan dan minuman, apa lagi kalau makanan dan minuman itu terhidang langsung diserbu lalat," ujar Abdullah Sani salah satu warga Sungai Bertam, pada Rabu (24/2/21).

Menurutnya, lalat itu bersumber dari kandang peternakan ayam pedaging yang disinyalir tidak begitu jauh dari pemukiman warga. Maka dari itu, dia bersama warga lainnya meminta pemerintah untuk menutup pelaku usaha tersebut.

"Karena ini sudah meresahkan warga, lalat ini membawa bibit penyakit, kasihan kesehatan warga disini memang dampak negatifnya yang ditimbulkan tidak secara langsung, tetapi dikemudian hari," tukasnya.

Ribuan Lalat Hitam Serbu Rumah Warga Di Muaro Jambi

Warga lainnya juga mengungkapkan, saat ini ada beberapa kandang ayam di Desa Sungai Bertam. Keberadaanya tidak begitu jauh dari pemukiman. Bahkan masih terbilang dipinggir jalan sehingga tiap kali panen lalat tersebut bertebaran dirumah-rumah penduduk.

"Biasanya kalau lalat ini mulai ramai pihak kandang sedang bongkar (panen). Beginilah kondisi kami disini, dulu sempat hilang (lalat) tapi saat ini mulai berdatangan lagi," keluhnya.

Selain itu dikhawatirkan oleh warga takut terjangkit oleh virus yang disebabkannya, seperti penularan virus H5NI atau Flu Burung. Apalagi saat ini ditengah bergejolaknya Virus Corona (Covid-19) yang menghantui dunia.

"Ini juga yang menjadi khawatiran kita, karena lalat-lalat ini sudah luar biasa, apa lagi ditengah wabah Covid-19 ini," bebernya. (WP)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved