Breaking News

Aktivis Papua Minta Masyarakat Terlibat Dalam Pengelolaan Otsus Jilid II


SULUH POS ■ Aktivis Papua yang pernah terjerat kasus makar, Isay Wenda menyatakan dukungannya terhadap otonomi Khusus jilid II. 

Aktivis asal Lanny Jaya tersebut mengatakan, dukungan itu akan semakin kuat jika peran dan keterlibatan masyarakat semakin diperkuat dalam pengelolaan dana otsus jilid II.

"Saya mau masyarakat jadi pelaku utama otsus jilid II, jadi masyarakat itu bukan objek atau penonton saja," kata Isay Wenda, pada Selasa, (23/02/2021) di Jakarta.

Menurut dia, keterlibatan masyarakat dalam otsus jilid II akan membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuan bernegara dan berbangsa.

"Supaya apa yang masyarakat mau, juga sesuai dengan kemauan pemerintah," kata Isay.

Sebelumnya, bulan oktober 2020, sejumlah aktivis Papua termasuk Isay Wenda menyuarakan perhatian terhadap otsus jilid II dengan menggelar diskusi bertajuk “Pro Kontra Otonomi Khusus Jilid II: Pemuda Papua Angkat Bicara”. 

Ketika itu Isay sebagai aktivis Papua mendukung sejumlah rekomendasi yakni diantaranya mendukung respon positif pemerintah dalam upaya melanjutkan otsus jilid II.

Isay Wenda juga mendorong pemerintah pusat dan provinsi serta daerah untuk saling berkoordinasi merumuskan otsus Papua jilid II sehingga terwujudnya regulasi yang bijak untuk masyarakat Papua.

"Evaluasi Otsus jilid pertama masih kurang dalam segi pengawalannya. Ketika itu," ujarnya.


0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN