Breaking News

Personel jajaran Kodim 0208/Asahan Hadiri Uji Model Pengembangan Aplikasi Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Screening Stunting UINSU


Tanjung Balai  |   Salah satu permasalahan tumbuh kembang pada balita adalah stunting. Stunting atau rendahnya index TB/U disebabkan oleh kondisi sosial ekonomi, gizi ibu saat hamil, penyakit penyerta pada bayi, kurangnya asupan gizi pada bayi dan pola asuh serta tingkat pendidikan orang tua balita. Indonesia merupakan negara berkembang yang berkontribusi dalam pertumbuhan angka stunting pada balita di dunia, dimana saat ini Indonesia merupakan peringkat ke lima kejadian stunting pada balita di dunia. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh edukasi stunting berbasis aplikasi android untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu sehingga kejadian stunting pada baduta dapat dicegah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Alat yang akan digunakan adalah aplikasi media berbasis android, software WHO anthro, timbangan berat badan, microtoise dan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan uji non parametrik (wilcoxon). Penelitian dilakukan di Puskesmas Tenayan Raya Pekanbaru dengan jumlah sampel 54 orang responden. Terdapat pengaruh edukasi stunting menggunakan aplikasi android (p) 0,0001<0,05 terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu di Puskemas Tenayan Raya Pekanbaru. Edukasi stunting menggunakan aplikasi android terbukti efektif tapi untuk kedepannya disarankan menggunakan lebih dua media edukasi stunting.

Dalam kesempatan ini sama seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Pulau Buaya jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Rasul Tumangger turut serta mendampingi kepala Puskesmas Teluk Nibung dan koordinator Bidan Teluk Nibung Dalam rangka Uji Model Pengembangan Aplikasi Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Screening Stunting UINSU (Universitas Islam Negri Sumut) di Puskesmas Teluk Nibung. Sasaran kegiatan ini merupakan penanganan kesehatan medis untuk Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Bayi dan Balita, seperti : Pemberian Vitamin, Imunisasi, Penimbangan Berat Badan, Pengontrolan Kandungan Ibu Hamil Serta konsultasi lainnya dan kegiatan ini merupakan Projek Pengembangan Aplikasi Stunting Dari Lembaga LPA PKP, kgiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Puskesmas Teluk Nibung Kelurahan Perjuangan Kecamatn Teluk Nibung Kota Tanjung Balai, Jumat (07/06/2024).

Dalam pelaskanaan kegiatan tersebut turut serta dihadiri oleh, Ibu Dr Susilawati SKM M Kes (Kepala Rombongan UINSU), Ibu Dr Hardianto Nasution (kepala Puskesmas Teluk Nibung), Ibu Bd Fitri Handayani SST MKM (Koordinator Bidan Puskesmas Teluk Nibung) dan Bapak Luthfi Ananda Hasibuan (PKH Kelurahan Perjuangan).


 

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN