Breaking News

Danramil 17/SDM Kodim 0207/Simalungun Hadiri Upacara Pengambilan Air Suci Di Wisata Alam Bah Damanik


Simalungun  |  Komandan Koramil (Danramil) 17/Sidamanik Kapten Inf Rahmat Susanto beserta 4 orang Anggota Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 17/Sidamanik jajaran Kodim 0207/Simalungun turun kewilayah untuk turut serta melaskanakan kegiatan menghadiri Upacara Pengambilan Air Suci dalam rangka Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke-78, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Wisata Alam Bah Damanik Kelurahan Sarimatondang Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun, Jumat (07/06/2024).

Untuk wilayah Kabupaten Simalungun, air suci diambil dari Mata Air Bah Damanik, ini merupakan bagian dari upacara pencucian Pataka Polda Sumatera Utara dan Panji-Panji Kepolisian, pengambilan air suci dilakukan dengan serangkaian ritual yang dimulai dari pemberian ke “di oleh irup kepada tokoh adat, yang kemudian diteruskan kepada juru kunci untuk mengambil air suci. Air suci tersebut kemudian diserahkan kembali kepada tokoh adat dan diberikan kepada irup, yang akhirnya diserahkan kepada Danyon Brimob untuk dibawa ke Medan.

Dalam arahannya, Kompol Hendrik menyampaikan pentingnya menjaga tradisi dan nilai-nilai budaya dalam setiap kegiatan kepolisian, khususnya dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara yang merupakan hari besar bagi institusi Polri. Kegiatan ini bukan hanya sebagai simbol semata, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan kita terhadap sejarah dan tradisi yang telah mengakar dalam budaya kita. Melalui pengambilan air suci ini, kita diingatkan untuk terus menjaga kehormatan dan integritas dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, pentingnya kerjasama dan sinergi antara Polri dengan masyarakat serta berbagai elemen lainnya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban yang kondusif," ungkap Kompol Hendrik.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut turut serta dihadiri oleh, Wakapolres Simalungun Kompol Hendrik Situmorang SH MH, Danyon A Pelopor Brimob Poldasu Kompol Zaenal Muhlisin, Kabag SDM Polres Simalungun Kompol Gandi Hutagaol, Danramil 17/SDM Kapten Inf Rahmat Susanto, Kapolsek Sidamanik AKP M Tampubolon, Camat Sidamanik Bapak Linus Lindung Silalahi dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Sarimatondang.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN