Breaking News

Bersama Dengan Petani Ubi, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Laksanakan Pendampingan Hanpangan


Simalungun  |  Guna mencapai hasil panen yang memuaskan, Babinsa bersama Petani melakukan pemantauan perkembangan atau pertumbuhan dan perawatan pada tanaman singkong yang berada di wilayah binaannya, kegiatan ini merupakan mensukseskan program pemerintah di bidang Ketahanan Pangan. Oleh karena itu para Babinsa dituntut selalu berperan aktif pada setiap hal yang berkaitan dengan pertanian, dalam membantu petani membersihkan area pertanian warganya. Pendampingan yang saya lakukan ini, guna meningkatkan kualitas hasil panen. Sehingga nantinya hasil panen singkong menjadi maksimal, sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam kesempatan tersebut seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/Saribu Dolok jajaran Kodim 0207/Simalungun Kopda ES Sijabat turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan membantu pendampingan masyarakat memanen ubi jalar di lahan warga yang ada diwilayah desa binaan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Ujung Saribu Kecamatan Pamatang Silimakhuta Kabupaten Simalungun, Minggu (09/06/2024).

Dengan turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan pendampingan ketahanan pangan tanaman ubi bersama masyarakat dengan tujuan untuk membersihkan lahan Ubi agar dapat meningkatkan Produksi dan mengurangi Hama pada Tanaman Ubi, pada kesempatan tersebut Babinsa Kopda ES Sijabat mengungkapkan, saya melakukan pendampingan langsung dilapangan, dengan mengecek kondisi tanaman serta ikut membersihkan rumput yang tumbuh di antara tanaman singkong milik Bapak Sarmin Manik, dengan demikian tanaman singkong tidak terserang hama maupun penyakit, tanaman Singkong atau ketela pohon tidak banyak membutuhkan air, sehingga dapat digunakan sebagai makanan alternatif penganti beras, dan juga bisa dibuat untuk makanan cemilan. Namun singkong tersebut, diperuntukkan untuk pengolahan Tepung Tapioka yang pada saat dipanen nantinya an dijual ke luar daerah, imbuhnya.

Sementara itu, Bapak Sarmin Manik pemilik kebun mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang sudah setia mengarahkan warga untuk memanfaatkan lahan dijadikan kebun singkong dalam rangka mengantisipasi krisis pangan di Desa binaan, “Kami masyarakat mengucapkan terimakasih kepada bapak Babinsa yang mana selalu memberikan motivasi kepada kami warga masyarakat untuk memberikan pendampingan dalam rangka meningkatkan pendapatan warga masyarakat   melalui pemanfaatan lahan untuk dijadikan kebun singkong demi mengantisipasi krisis pangan,” ujar Bapak Rudianto.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN