Breaking News

Wujudkan Swasembada Pangan, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bantu Petani Bersihkan Rumput dan Gulma


Pematangsiantar  |  Gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala bagi para petani padi dalam memperoleh hasil panen yang maksimal, karena keberadaan gulma sangat mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan, jika keberadaan gulma tidak dibasmi atau dilakukan penyiangan maka akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya sehingga berdampak pada menurunnya hasil panen, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Siantar Selatan jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu Prayoto turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) sekaligus melaksanakan pendampingan petani membersihkan/menyabut rumput disawah Ibu Rusmia Nainggolan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat diwilayah Kelurahan Martimbang Kecamatan Siantar Selatan Kota Pematang Siantar, Sabtu (27/04/2024).

Kegiatan yang dilakukan pendampingan yang dilakukan Babinsa semata mata karena tugas pokok dan upaya khusus pertanian. Peran Babinsa ini sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya di sawah, dengan adanya pendampingan para Babinsa turun ke sawah untuk pendampingan petani, maka diharapkan tanaman padi akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petani pun akan melimpah. Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL, karena dengan adanya pendamping petani maka segala kendala yang di hadapi petani di lapangan akan terpecahkan, ujar Babinsa Sertu Prayoto.

Pendampingan Upsus, Babinsa langsung turun ke sawah membantu petani membersihkan gulma (hama tanaman) rumput di lahan petani, gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen, Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya. Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan kita dapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit, tutup Babinsa jelasnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN