Breaking News

Adakan Rapat Pembentukan Pos Kamling Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Untuk Jaga Keamanan


Tanjung Balai  |  Guna mengantisipasi dan menjaga keamanan dilingkungan masyarakat, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tanjung Balai jajaran Kodim 0208/Asahan Pelda Darwin Ompusunggu turun kewilayah desa binaan untuk turut serta melaksanakan kegiatan Rapat Pembentukan Pos Kamling bersama dengan masyarakat dan Forkopimcam, dengan melaksanakan kegiatan rapat untuk tujuan membahas tentang  pembuatan Pos Kamling di Setiap Kelurahan guna untuk menjaga situasi Kamtibmas, bersama dengan Bapak Gando Tua Camat Tanjung Balai Utara, Iptu Rony Kapolsek Tanjung Balai Utara, para Lurah dan Kepling Kecamatan Tanjung Balai Utara, kegiatan tersebut yang dilakukan bertempat di Aula Kantor Camat Tanjung Balai Utara Jalan DI Panjaitan  Kelurahan Tanjung Balai Kota- IV Kota Tanjung Balai, Kamis (08/02/2024).

Pembuatan Gardu Pos Kamling ini sebetulnya telah lama warga inginkan, terkait keinginan warga akan adanya kegiatan ronda malam. Kegiatan pembuatan gardu ini sesuai hasil musyawarah ditingkat RT.  Dalam rapat RT tersebut disepakati pembuatan Poskamling dengan swadaya masyarakat dan dukungan penuh dari Pemerintah Desa dan Babinsa. Babinsa yang memiliki tanggungjawab wilayah binaan dan menyikapi situasi wilayah sangat mengapresiasi lahirnya kepedulian masyarakat terhadap keamanan lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan bergabungnya dengan masyarakat untuk membantu kegiatan pembuatan Poskamling tersebut.

Pelda Darwin Ompusunggu disela-sela pembuatan Poskamling tersebut menyebutkan, Pos keamanan warga itu sesuai pengertian secara umum merupakan suatu kegiatan atau upaya untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), dengan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Karena itu peran Poskamling tidak bisa dipandang sebelah mata. Namun demikian, sangat disayangkan pembangunan Poskamling jika tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Babinsa berharap agar, warga harus bisa memanfaatkan hasil dari pembuatan poskamling. Maka dari itu kami berharap agar nantinya Poskamling bisa digunakan secara berkelanjutan, bukan hanya di awal awal saja. Selain sebagai upaya untuk dapat menangkal dan menanggulangi setiap gangguan Kamtibmas, juga dapat memberikan pertolongan dan pemeliharaan keselamatan masyarakat dari segala macam bentuk bahaya yang dapat ditimbulkan seperti bencana alam, kebakaran dan lainnya.” pungkas Pelda Darwin Ompusunggu.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN