Breaking News

Tekankan Kembali Netralitas TNI Dilakukan Danramil 16/PT Kodim 0207/Simalungun Lewat Jam Komandan Kepada Anggotanya


Simalungun  |  Netralitas TNI pada Pemilihan Umum tahun 2023 menjadi hal yang mutlak dilakukan oleh seluruh Prajurit TNI dimana pun bertugas termasuk di Kodim 0207/Simalungun, hal ini ditegaskan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun  Letkol Inf Hadrianus Yossy S.B, S.I.Pem, M. Han., kepada seluruh Babinsanya, dalam kesempatan ini juga Komandan Koramil (Danramil) 16/Pane Tonga jajaran Kodim 0207/Simalungun Kapten Inf Bangsawan berikan Jam Komandan kepada Personel Koramil 16/Pane Tonga dalam rangka untuk memberikan penekanan yang disampaikan, Penekanan ulang tentang Netralitas TNI, Laporan hemat energi agar disesuaikan dengan petunjuk Staf Log dan kebersihan pangkalan menjadi tanggung jawab bersama, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Makoramil 16/Pane Tonga Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun, Jumat (05/01/2024).

Netralitas TNI menjadi penekanan pokok dalam Apel Komandan Satuan di Mabes TNI AD yang diikuti seluruh Komandan Satuan jajaran TNI AD pada Minggu lalu. Dijelaskannya, keberadaan anggota TNI khususnya Bintara Pembina Desa (Babinsa) di desa akan diperhitungkan oleh orang-orang yang ingin menggiring untuk netral dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024. Untuk itu, Kapten Inf Bangsawan memerintahkan untuk menjauhi dan menjelaskan kepada mereka bahwa Netralitas TNI harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar bagi seluruh personel TNI baik darat, laut dan udara, tegas Kapten Inf Bangsawan.

Lebih lanjut Kapten Inf Bangsawan menjelaskan beberapa bentuk Netralitas TNI dalam Pileg dan Pilpres menjadi pedoman bagi seluruh personel yaitu tidak memihak dan mendukung salah satu Paslon dalam Pilpres maupun Parpol dan Caleg dalam Pileg,  tidak memberikan fasilitas milik TNI kepada salah satu Paslon maupun Parpol ataupun Caleg, dilarang memberikan arahan untuk memilih salah satu Paslon maupun Parpol ataupun Caleg. Selain itu, para Prajurit juga dilarang untuk memberikan tanggapan, komentar atau meng-upload salah satu Paslon, Parpol, Caleg ataupun simbol-simbol yang berkaitan dengan Pileg dan Pilpres. "Apabila ada ditemukan Prajurit yang melakukan politik praktis dan terbukti secara hukum, maka akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan militer," tegas Danramil.

Kapten Inf Bangsawan mengingatkan, sebagai alat pertahanan negara, TNI harus menjaga independensinya dari politik praktis demi keutuhan dan persatuan bangsa dan negara, "Netralitas TNI adalah harga mati, kita sebagai prajurit TNI harus memegang itu. TNI terus bersinergi dengan Polri dalam pengamanan Pilkada 2024 untuk mewujudkan situasi kondusif, aman dan damai," tegasnya.

Danramil 16/Pane Tonga Kapten Inf Bangsawan mengimbau kepada seluruh Babinsanya agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Jangan langsung percaya dengan berita yang dikirim melalui media sosial, kita harus cek dulu berita itu dan jangan asal menge-share informasi yang belum tahu kebenarannya, saya menekankan agar terus meningkatkan sinergitas antara tiga pilar sinergitas TNI, Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda) agar semakin erat. "Kepada seluruh Babinsa agar tetap selalu bersinergi bersama tiga pilar, sehingga kita dapat bekerja sama dan menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayah secara bersama-sama dan jangan lupa tetap jaga kesehatan, jaga keamanan dalam melaksanakan tugas," tuturnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN