Breaking News

Pendampingan Pembagian Bibit Dan Pupuk Dari Program Hanpang Bersumber Dari Dana Desa Didampingi Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Babinsa (Bintara Pembina Desa) adalah anggota TNI AD yang bertugas sebagai pembinaan teritorial di tingkat desa. Dalam konteks pendampingan pembagian bibit dan pupuk dari program Hanpang (Harga Normal, Pangassaan) yang bersumber dari dana desa, peran Babinsa dapat menjadi sangat penting. Sebagai pendamping, Babinsa dapat membantu dalam berbagai hal, termasuk Pendampingan Logistik: Membantu dalam distribusi bibit dan pupuk, serta memastikan bahwa proses distribusi berjalan lancar dan secara adil. Bantuan Teknis Memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis kepada petani terkait cara penggunaan pupuk dan penanaman bibit yang optimal. Pengawasan dan Evaluasi Memantau penggunaan dana desa secara transparan dan memastikan bahwa program hanpang berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Selain itu, Babinsa juga dapat berperan dalam memediasi segala permasalahan atau konflik yang mungkin timbul terkait dengan program ini. Dengan keterlibatan Babinsa, diharapkan program pembagian bibit dan pupuk dari dana desa dapat berjalan secara efektif, memberikan manfaat maksimal bagi petani, serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tiga Balata jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Alek Siagian turun kewilayah binaan untuk melaksanakan pendampingan pembagian bibit dan pupuk dari program Hanpang yang bersumber dari dana desa tahun 2023, sebanyak 280 KK, yang berupa 2 sak pupuk organik dan 2 kg bibit jagung hibrida p32, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Dusun 1 Pondok Bulu Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun, Senin (08/01/2024).

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut turut serta dihadiri oleh, Pangulu Pondok Bulu Bapak Albinner Sinaga, Babinsa Koramil 09/TB Serda Alek Siagian, Bhabinkamtibmas Aipda RP Sidabalok, Camat Dolok Panribuan Bapak Noven Sijabat, Wakil Ketua Maujana Bapak Poltak Purba, Para Gamot Se-Nagori Pondok Bulu.

Adapun Masyarakat penerima bantuan Hanpang diantaranya, Susun 1: 123 KK, Dusun 2 : 51 KK, Susun 3 : 56 KK, Dusun 4 : 25 KK dan Dusun 5 : 25 KK.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN