Breaking News

Tingkatkan Hasil Panen Turut Bantu Petani Memburu Hama Tikus Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun


Pematang Siantar  |  Dalam rangka untuk mengendalikan hama tikus dan meningkatkan hasil panen, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel BIntara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Siantar Selatan jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu D Sirait turun kewilayah binaan untuk turut serta melaksanakan kegiatan berburu tikus dengan masyarakat kampung Gunung, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Persawahan Gerak Tani Kelurahan Bp Nauli Siantar Marihat Kota Pematang Siantar, Rabu (20/12/2023).

Puluhan warga masyarakat yang di koordinir oleh Babinsa berbondong-bondong menuju lahan persawahan. Mereka datang dengan membawa peralatan sabit, cangkul, alat pembakar belerang, pentungan dan lain sebagainya untuk berburu hama tikus.
Kegiatan pengeroyokan tikus ini terbukti efektif membunuh tikus yang bersembunyi di dalam lubang, yang memaksa tikus keluar dari lubang akibat terkena asap belerang. masyarakat sangat senang dan menyambut baik dan berharap kepada Babinsa agar kegiatan buru hama tikus ini dilaksanakan secara berkelanjutan.

Babinsa Sertu D Sirait, menyampaikan bahwa kegiatan Gropyok tikus yang dilaksanakan bersama petani ini bertujuan untuk mengurangi populasi pertumbuhannya yang dinilai sangat cepat sekali. “Diharapkan dengan adanya gerakan gropyokan tikus bersama-sama ini bisa mengurangi hama tikus yang sering merusak tanaman padi para petani sehingga bisa meningkatkan hasil panen.” Terang Babinsa Sertu D Sirait.

Sertu D Sirait menyampaikan bahwa kegiatan melakukan perburuan tikus yang berlokasi di Desa Kampung Melayu dalam penyampaiannya kegiatan ini  dilakukan  untuk membantu petani membasmi hama tikus yang saat ini dirasakan sangat mengganggu sehingga saat musim tanam kali ini  jumlah petani yang menanam padi tidak begitu banyak. Ia menambahkan, perburuan hewan pengerat itu merupakan kegiatan untuk menunjang program pemerintah menyukseskan swasembada pangan diwilayahnya.

Kegiatan ini didahului dengan penyuluhan tentang percepatan tanam padi dan penyuluhan gropyokan hama tikus dari Dinas Pertanian dalam rangka membasmi hama tikus dilanjutkan dengan praktek gropyokan, dengan gropyokan ini dianggap ampuh dan murah serta dapat menumbuh suburkan semangat gotong royong warga desa dalam mengatasi hama tikus di sawah mereka secara bergantian dari satu sawah ke sawah yang lain.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN