Breaking News

Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Hadiri Sosialisasi Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K)


Simalungun  |  Rapat Lintas Sektoral Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4k) dihadiri oleh Babinsa. Rapat ini bertujuan untuk mengkoordinasikan perencanaan persalinan dan upaya pencegahan komplikasi yang melibatkan sektor-sektor terkait. Dalam rapat ini, Babinsa berperan sebagai perwakilan dari institusi militer dalam mendukung program pencegahan komplikasi persalinan. Kehadiran Babinsa dalam rapat ini menunjukkan komitmen tentara untuk turut serta dalam upaya mencegah komplikasi persalinan. Sebagai Babinsa, mereka memiliki peran yang penting dalam memberikan informasi dan pendampingan kepada masyarakat dalam hal persiapan persalinan dan pencegahan komplikasi.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Tanah Jawa jajaran Kodim 0207/Simalungun Serka MB Siregar dan Sertu Misno turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan menghadiri Rapat Lintas Sektoral Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4k), kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Harungguan Puskesmas Tanah Jawa Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun, Kamis (07/12/2023).

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut turtu serta dihadiri oleh, Camat Tanah Jawa diwakili Sekcam Bapak Andi Supardi, Ka Puskesmas Tanah Jawa dr Widy Astuti Saragih M Keb, Babinsa Koramil 10/ Tanah Jawa Serka MB Siregar dan Sertu Misno, Kapolsek Tanah Jawa di wakili Iptu S Damanik, Bidan Desa Puskesmas Tanah jawa 12 Nagori, Pangulu Dari 12 Nagori Binaan Puskesmas Tanah jawa dan Kader Posyandu dan KPM dari 12 Nagori.

Pelayanan bidan sangat berperan dalam keberhasilan suatu program pemerintah dalam rangka meningkatkan pembangunan kesehatan. Sebagai upaya mencapai tujuan yang diharapkan dilakukan kegiatan pembinaan kepada kader P4K, Kader berperan melakukan pendataan ibu hamil, memotivasi ibu hamil, melakukan penyuluhan tanda persalinan dan tanda bahaya, menyiapkan transportasi, biaya dan donor darah, memotivasi KB pasca persalinan dan melakukan rujukan kegawatdaruratan.

Dalam P4K dengan Stiker bidan diharapkan berperan sebagai fasilitator dan dapat membangun komunikasi persuasif dan setara di wilayah kerjanya agar dapat terwujud kerjasama dengan ibu, keluarga dan masyarakat sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan ibu dan bayi baru lahir.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN