Breaking News

Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Ajak Warga Gotong Royong Bersihkan Kiri Kanan Jalan


Simalungun  |  Babinsa merupakan seorang prajurit TNI AD yang bertugas sebagai motor penggerak kegiatan pembinaan teritorial di wilayah desa atau kelurahan. Salah satu tugas Babinsa adalah mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam gotong royong, termasuk dalam kegiatan membersihkan kiri kanan jalan. Gotong royong adalah sebuah konsep atau nilai dalam budaya Indonesia yang mengacu pada kerjasama dan kebersamaan dalam melakukan suatu aktivitas tanpa mengharapkan imbalan atau upah. Gotong royong melibatkan partisipasi dan kontribusi dari seluruh anggota masyarakat untuk saling membantu dan bekerja bersama-sama demi kepentingan bersama.

Dalam rangka agar terjalinnya tali silaturahmi antara Babinsa dan masyarakat binaan, bersama masyarakat melaksanakan karya bhakti dengan gotong royong membersihkan kiri kanan jalan perkampungan warga, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14/Raya jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu Darlijon Purba dan Serda D Nainggolan turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Gotong Royong bersama masyarakat membersihkan jalan  dari  rumput liar sebagai upaya agar masyarakat peduli dengan lingkungan di sekitar dan  menjalin tali silaturahmi dan agar TNI tetap di cintai rakyat, bersama Warga Lingkungan 5 Tondang Menimbun dan Pembersihan Jalan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lingkungan 5 Tondang Kelurahan Sondi Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun, Selasa (05/12/2023).

Guna terciptanya lingkungan yang bersih menuju akses jalan ke wilayah binaan, Babinsa Sertu Darlijon Purba mengatakan aksi gotong-royong untuk membersihkan lingkungan jalan perkampungan agar warga masyarakat selalu menjaga kebersihan agar tidak mudah terserang penyakit. Babinsa juga mengatakan, menjadi seorang Babinsa harus berada ditengah-tengah masyarkat serta harus mempu berbaur dengan masyarakat Desa binaannya, sehingga diharapkan dapat membantu memecahkan permasalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat. “Babinsa merupakan garda terdepan satuan Komando Kewilayahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dan ini salah satunya wujud nyata kegiatan yang dilakukan Babinsa dalam membantu masyarakat”, ungkap Babinsa Sertu Darlijon Purba.

Lebih lanjut Babinsa Serda D Nainggolan menambahkan, dalam kegiatan gotong royong ini melibatkan masyarakat bersama-sama Babinsa, dengan tujuan untuk mewujudkan hidup sehat dan juga untuk menumbuhkan kebersamaan diantara seluruh lapisan masyarakat. Dalam hal ini Babinsa berperan sebagai penggerak dan motivator untuk mengajak warga sekitar agar bersama-sama membersihkan sisi kiri dan kanan jalan. Tindakan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan keindahan jalan serta lingkungan sekitarnya. Babinsa juga berperan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Dalam kegiatan gotong royong membersihkan kiri kanan jalan, masyarakat setempat menjadi pihak yang diajak untuk berpartisipasi. Hal ini melibatkan tetangga, teman, keluarga, atau anggota komunitas tertentu yang berada di sekitar wilayah tersebut. Melalui kegiatan ini, Babinsa ingin membangun rasa solidaritas dan persatuan di antara masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan tempat tinggal mereka.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN