Breaking News

Danramil 03/SS Kodim 0207/Simalungun Bersama Forkopimca Dan Masyarakat Kerja Bakti Basmi Hama Tikus


Pematang Siantar  |  Dalam upaya menekan populasi tikus sawah, untuk mengendalikan hama tikus dan meningkatkan hasil panen, dalam kesempatan ini Komandan Koramil (Danramil) 03/Siantar Selatan Kapten Inf Teguh Sugiono dan Personil Koramil 03/Siantar Selatan bersama Forkopimca dan warga Masyarakat turut serta melaksanakan kegiatan membantu warga masyarakat mengatasi atau memburu Hama Tikus, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Persawahan Warga tepatnya di Kelurahan BP Nauli Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematang Siantar, Senin (11/12/2023).

Puluhan warga masyarakat yang di koordinir oleh Danramil dan Babinsa berbondong-bondong menuju lahan persawahan, mereka datang dengan membawa peralatan Pembakar pakai Gas Elpiji, sabit, cangkul, pentungan dan lain sebagainya untuk berburu hama tikus. Kegiatan Gropyokan tikus ini terbukti efektif membunuh tikus yang bersembunyi di dalam lubang, yang memaksa tikus keluar dari lubang, masyarakat sangat senang dan menyambut baik dan berharap kepada Danramil dan Babinsa serta apparat pemerintah agar kegiatan buru hama tikus ini dilaksanakan secara berkelanjutan.

Kapten Inf Teguh Sugiono menyampaikan bahwa kegiatan Gropyok tikus yang dilaksanakan bersama petani ini bertujuan untuk mengurangi populasi pertumbuhannya yang dinilai sangat cepat sekali, diharapkan dengan adanya gerakan gropyokan tikus bersama-sama ini bisa mengurangi hama tikus yang sering merusak tanaman padi para petani sehingga bisa meningkatkan hasil panen, kegiatan pembasmian hama tikus ini dilakukan sebagai wujud kepedulian bersama akan ketahanan pangan diwilayah tersebut, sebelum kegiatan ini dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana caranya berburu hama tikus, terang Kapten Inf Teguh Sugiono.

Danramil 03/SS menyampaikan, bahwa apa yang mereka lakukan ini merupakan salah satu dari beragam cara memberantas hama di sawah bagi para petani, selain dengan membunuh hama lewat bahan kimia, yang jelas cara ini alami serta bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan kegotong-royongan, keterlibatan Koramil dalam kegiatan perburuan hama tikus sebagai upaya membantu petani dalam membasmi hama. Apa yang mereka lakukan, merupakan pendampingan terhadap petani, sebagai tindak lanjut MOU TNI dengan Kementerian Pertanian, dalam upaya peningkatan ketahanan pangan, dengan menurunkan Babinsa, untuk bergabung dan mendampingi para petani, dan mudah-mudahan akan membuahkan hasil yang maksimal, ujarnya.

Camat Siantar Marihat Bapak Heri Purba menyatakan, kegiatan berburu hama tikus ini dalam upaya untuk mengurangi serangan sejumlah hama padi, khususnya tikus. “Karena serangan hama tikus hampir setiap musim tanam, yang terjadi saat-saat padi akan dipanen,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan perburuan tikus di sawah warga masyarakat tersebut turut serta dihadiri oleh, Camat Siantar Marihat Bapak Heri Purba, Danramil 03/Siantar Selatan Kapten Inf Teguh Sugiono, Lurah BP Nauli, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Masyarakat BP Nauli.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN