Breaking News

Dandim 0208/Asahan Tekankan Masalah Disiplin, Netralitas TNI dan Bahaya Narkoba


Asahan  |  Komandan Kodim (Dandim) 0208/Asahan Letkol Inf Muhamad Bassarewan, S.Hub. Int., memberikan Jam Komandan dengan penekanan tentang masalah Disiplin Prajurit dan Netralitas TNI pada Pemilu 2024 mendatang kepada seluruh Prajurit Kodim 0208/Asahan, yang di ikuti 451 orang, kegiatan tersebut  yang dilaksanakan bertempat di Halaman Kodim 0208/AS Jl. Jendral Sudirman Kisaran Barat Kabupaten Asahan, Senin (06/11/2023).

Pada kesempatan tersebut Dandim 0208/Asahan mengatakan, Netralitas TNI menjadi penekanan pokok dalam Apel Komandan Satuan di Mabes TNI AD yang diikuti seluruh Komandan Satuan jajaran TNI AD pada Minggu lalu, keberadaan anggota TNI khususnya Bintara Pembina Desa (Babinsa) di desa akan diperhitungkan oleh orang-orang yang ingin menggiring untuk tidak Netral dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024. Untuk itu, Netralitas TNI harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar bagi seluruh personel TNI baik darat, laut dan udara, sebagai alat pertahanan negara, TNI harus menjaga Independensinya dari politik praktis demi keutuhan dan persatuan bangsa dan negara, terang Dandim.


Dandim juga menjelaskan beberapa bentuk Netralitas TNI dalam Pileg dan Pilpres untuk dijadikan pedoman bagi seluruh Personel yaitu tidak memihak dan mendukung salah satu Paslon dalam Pilpres maupun Parpol dan Caleg dalam Pileg, tidak memberikan fasilitas milik TNI kepada salah satu Paslon maupun Parpol ataupun Caleg, dilarang memberikan arahan untuk memilih salah satu Paslon maupun Parpol ataupun Caleg. Selain itu, para Prajurit juga dilarang untuk memberikan tanggapan, komentar atau meng-upload salah satu Paslon, Parpol, Caleg ataupun simbol-simbol yang berkaitan dengan Pileg dan Pilpres. "Apabila ada ditemukan Prajurit yang melakukan politik praktis dan terbukti secara hukum, maka akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan militer," tegas Dandim.

Letkol Inf Muhamad Bassarewan juga menekankan perhatikan penampilan dan kerapian di dalam melaksanakan tugas, dan jangan bersikap Arogan terutama para Supir, Karena kita sebagai contoh di mata masyarakat, tegas Dandim.

Usai kegiatan Jam Komandan (Jam Dan) Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Muhamad Bassarewan, S.Hub. Int. didampingi Pasi Intel Kodim 0208/Asahan Kapten Kav Basri Lubis laksanakan test urine secara mendadak dan acak terhadap Personil Kodim 0208/Asahan termasuk Dandim sendiri juga turut melakukan test urine dengan hasil negatif.

Turut hadir dalam pelaskanaan Jam Komandan tersebut antara lain, Mayor Inf Makmur Siahaan, Para Danramil Dim 0208/Asahan, Para Pasi Dim 0208/Asahan, Dan Unit Dim 0208/Asahan Letda Ramalin Damanik, Tim Korem 022/PT dan Anggota Kodim/ Koramil  0208/Asahan.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN