Breaking News

Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Melaksanakan Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila (P5)


Simalungun  |  Berdasarkan tema 'Bangunlah Jagalah Jiwa Raga mu dan Gaya Hidup Berkelanjutan Siswa/Siswi SD NEGERI 097799', dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Serbelawan jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu Rudy dan Sertu Wawan S melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila(P5). Kegiatan tersebut dilakukan di Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Sabtu (09/09/2023).

Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah sebuah pendekatan pembelajaran melalui proyek dengan sasaran utama mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila. Peserta didik akan belajar menelaah tema-tema tertentu yang menjadi prioritas setiap tahunnya. Dalam pelaksanaan proyek, guru-guru harus berkolaborasi secara lintas ilmu untuk merencanakan, memfasilitasi, dan menjalankan asesmen. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila adalah agar para pelajar di Indonesia dapat tumbuh sebagai pelajar yang berkompeten, terampil, dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.

Pada kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berupa Festival Inovasi dan Kreativitas Siswa (FIKSI) diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Do’a, Sambutan Ketua Panitia, persembahan tari Pancasila dan tarian seluruh indonesia oleh Pelajar SD NEGERI 097799.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun mengatakan sangat mengapresiasi terhadap kinerja Kepala Sekolah yang telah berinovasi dan kreativitas terhadap kemajuan siswa dalam penguatan pelajar pancasila. “Perkembangan di bidang pendidikan saat ini tentang Kurikulum Merdeka Belajar. Guru harus tahu sejak dini sehingga ketika diminta untuk melaksanakan kebijakan tersebut harus siap secara ilmu, mental, perangkat, penilaian terhadap peserta didiknya,” ungkapnya.

“Tujuan kegiatan Inovasi kreatifitas Kurikulum Merdeka adalah meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan program dan kebijakan merdeka belajar,” jelasnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN