Breaking News

Danramil 01/SU Kodim 0207/Simalungun Hadiri Acara Dapur Sehat (DASHAT) Atasi Stunting Dan (NIFAS)


Pematang Siantar  |  Presiden RI telah menunjuk BKKBN menjadi Ketua Pelaksana Penurunan Stunting di Indonesia pada 25 Januari 2021 dan sebagai koordinator penurunan stunting atas pertimbangan bahwa BKKBN memiliki sumberdaya sampai akar rumput. Tidak hanya tenaga penggerak yang terdiri dari Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) serta kader KB BKKBN juga memiliki program berbasis desa dan berbasis poktan untuk membentuk keluarga sejahtera. Sebagai salah satu bentuk kegiatan yang akan dilakukan BKKBN dalam upaya penurunan kasus stunting adalah melakukan kombinasi intervensi spesifik dan sensitif berupa pemberian makanan yang berasal dari bahan pangan lokal dengan mekanisme pemberdayaan masyarakat dalam bentuk kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) dan (NIFAS).

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Komandan Koramil (Danramil) 01/Siantar Utara Kapten Arm Muslimin Saragih, S.E, jajaran Kodim 0207/Simalungun turut serta melaksanaan kegiatan monitoring wilayah dalam rangka Dapur sehat (DASHAT) atasi Stunting memberi makanan kepada ibu hamil, ibu melahirkan (NIFAS), kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kantor Kelurahan Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar, Jumat (08/09/2023).

Pada kesempatan tersebut Danramil 01/Siantar Utara Kapten Arm Muslimin Saragih, S.E, mengungkapkan Program percepatan penurunan stunting merupakan program dari Pemerintah Pusat untuk penurunan angka stunting di negara kita, karena stunting merupakan salah satu masalah penting yang harus segera ditangani, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan asupan gizi yang maksimal bagi ibu hamil dan balita di bawah umur 2 tahun, kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting atau disingkat Dashat merupakan kegiatan pelatihan untuk membuat makanan bagi ibu hamil dan balita dengan bahan lokal. Bahan masakan tidak harus mahal akan tetapi kita bisa memilih dan memilah bahan-bahan yang terjangkau dengan kualitas dan kandungan gizi yang bagus, terang Danramil.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antaralain, Camat Siantar Martoba Bapak Irfan, Ketua TPPKK Siantar Martoba Ibu Erika Tambunan, Babinsa Kel Tanjung Pinggir Serda S Hasibuan, Babinkamtibnas Kel Tanjung Pinggir Aipda Mitra Bangun, Lurah Tanjung Pinggir Syarifuddin Sijabat, Tim Dashat, Tim PKK dan Warga Kelurahan Tanjung Pinggir.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN