Breaking News

Satgas TMMD Ke-117 Kodim 0207/Simalungun Bersama Masyarakat Pembangunan Gorong-Gorong


Simalungun  |  Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 Kodim 0207/Simalungun Tahun 2023 bersama dengan warga masyarakat dengan penuh semangat dan bergotong royong melakukan pembangunan Gorong-gorong di lokasi TMMD, kegiatan tersebut yang dilaksanakan tepatnya di Nagori Mekar Sari Raya Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun, Rabu (19/07/2023).

Dalam hal ini Satgas TMMD Ke-117 bersama masyarakat melaksanakan pekerjaan sasaran fisik pembuatan gorong-gorong, dengan capaian persentase seluruh sasaran fisik sudah mencapai 66,56 %. Pada TMMD kali ini tidak hanya membangun fisik jalan saja, manakala jalan tersebut membutuhkan gorong gorong maka harus dibangun guna kelancaran aliran air yang dibutuhkan para petani guna pengairan di lahan pertanian.

Pada kesempatan tersebut, Pasiter Kodim 0207/Simalungun Kapten Inf Carles Tarigan mengungkapkan, pada pembangunan fisik sasaran TMMD Simalungun di Nagori Mekar Sari Raya ini bukan hanya pembangunan jalan baru saja namun ada pekerjaan lainnya yang tidak kalah penting, di antaranya pembuatan gorong-gorong guna pengairan lahan para petani.

Mayoritas pertanian di Nagori Mekar Sari Raya sebagian umum lahan ditanami Padi, sehingga para petani butuh air, oleh karena itu pembangunan gorong-gorong saluran air sangat dibutuhkan. Gorong-gorong adalah bangunan yang dipakai untuk membawa aliran air baik untuk saluran irigasi atau pembuang yang melewati bawah jalan. Dengan adanya gorong-gorong ini air bisa dikendalikan arahnya. Salah satu penyebab cepatnya jalan rusak adalah karena saluran air yang tidak terkendali sehingga membuat erosi jalan tersebut.

“Tujuan pemasangannya adalah untuk kelancaran drainase air sehingga membawa aliran air baik untuk saluran irigasi atau pembuangan, supaya saat musim hujan air tidak melintas ke jalan sehingga masa pakai jalan bisa tahan lama, juga berfungsi untuk pengairan sawah warga,” pungkas Kapten Inf Carles Tarigan.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN