Breaking News

Berikan Materi Wasbang Pada Peserta Didik MPLS SMA Swasta Al-WASHLIYAH-2 Oleh Danramil 05/Serbelawan Kodim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Merdeka Belajar Wujudkan Profil Pelajar Pancasila, demikian tema yang diusung Pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), dalam kesempatan ini Komandan Koramil (Danramil) 05/Serbelawan Letda inf Rahmad Hariadi jajaran Kodim 0207/Simalungun turut serta melaksanakan kegiatan Acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dalam rangka memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di SMA Swasta Al-WASHLIYAH-2 Serbelawan Kecamatan Dolok Batunanggar Kabupaten Simalungun, Kamis (13/07/2023).

Sejumlah 93 peserta didik dari sekolah tersebut mengikuti MPLS, kegiatan yang dilakukan pada hari pertama masuk sekolah, dalam kesempatan tersebut Letda inf Rahmad Hariadi menyampaikan, MPLS yang dulu di tahun 2018-2019 di kenal dengan sebutan MOS, kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dan peraturan-peraturan kepada peserta didik baru. Kegiatan MPLS juga mengenalkan konsep pembinaan awal, terhadap kultur sekolah, wawasan dan adaptasi, pengenalan kegiatan rutin, norma, budaya, sistem dan tata tertib yang berlaku di sekolah, terang Danramil.

Lebih lanjut Letda inf Rahmad Hariadi mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan sekolah dalam rangka memperkenalkan sekolah kepada peserta didik tersebut bukan sebatas antar murid saja tetapi juga dengan dewan guru serta komponen lain di sekolah, dengan memberikan materi Wawasan Kebangsaan hal tersebut bertujuan agar pelajar lebih mengenal dekat Pancasila sebagai Dasar Negara, tujuan utama wawasan kebangsaan adalah membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan, salah satu manfaat dari wawasan kebangsaan adalah timbulnya rasa menjiwai semangat bangsa, tegas Letda inf Rahmad Hariadi.

Melalui wawasan ini, kita akan memiliki rasa bela negara dan cinta tanah air, wawasan kebangsaan adalah bagian dari pemahaman berwarga negara, dan salah satu manfaat dari wawasan kebangsaan adalah timbulnya rasa menjiwai semangat bangsa. Dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga negara yang taat kepada agama, aturan dan lingkungannya serta menjunjung azas toleransi dan gotong royong. Sehingga kita sebagai generasi muda penerus bangsa perlu memiliki semangat kebangsaan yang tinggi dan rasa memiliki bangsa yang utuh dalam bingkai persatuan dan kesatuan sebagai sumber keutuhan dan kekuatan bangsa," tegas Danramil.

Dihadapan peserta didik Letda inf Rahmad Hariadi meberikan materi yang di sampaikan terkait Wawasan Kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diharapkan akan menjadi motivasi awal dalam mengejar prestasi ilmu dan pendidikan," tutup Danramil.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN