Breaking News

Terus Jaga Hubungan Baik Bersama Dengan Anggota Basarnas Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Lewat Komsos


Asahan  |  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian, dan pengendalian potensi SAR dalam kegiatan SAR terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam pelayaran dan/atau penerbangan, serta memberikan bantuan dalam bencana dan musibah lainnya sesuai dengan peraturan SAR nasional dan internasional. Secara jelas tugas dan fungsi SAR adalah penanganan musibah pelayanan dan/atau bencana dan/atau musibah lainnya dalam upaya pencarian dan pertolongan saat terjadinya musibah. Penanganan terhadap musibah yang dimaksud meliputi 2 hal pokok yaitu pencarian (search) dan pertolongan (rescue). Dalam melaksanakan tugas penanganan musibah pelayaran dan penerbangan harus sejalan dengan IMO dan ICAO.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Pulau Buaya jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Faisal Lubis turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan anggota Basarnas dan masyarakat serta berkoordinasi apabila ada kejadian korban tenggelam diseputaran wilayah Bagan dan sekitarnya untuk dapat saling bekerjasama dan saling mengimformasikan  dalam pencarian korban tenggelam, bersama dengan Ipda Mulkan (Pol Airut), Bapak Pasaribu (Basarnas), Bapak M Yusuf Arjuna (Kades Bagan Baru) dan Bapak Pian (Nelayan), kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Pelabuhan Panton Bagan Asahan Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan, Kamis (08/06/2023).

Menjaga hubungan yang lebih baik Babinsa bersama anggota Basarnas melaksanakan Komsos dengan warga binaan, Babinsa mengungkapkan jika kegiatan Komsos tersebut bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan silaturahmi dengan warga binaannya. Sekaligus untuk mengetahui kondisi dan perkembangan di masyarakat. Menurutnya, melalui kegiatan Komsos akan terjalin silaturahmi yang baik dengan warga binaan akan tercipta suasana yang nyaman dan sejuk, sehingga memperlancar tugas keseharian sebagai Babinsa di wilayahnya, ungkapnya.

Dengan Rutin Komsos seorang Babinsa dapat mengetahui perkembangan situasi di wilayah desa binaan dan dapat melakukan upaya deteksi dini dan cegah dini, sehingga apabila ada hal-hal negatif yang berkembang bisa cepat diselesaikan. “Apapun yang terjadi di wilayah binaan tentunya seorang Babinsa dapat mengetahuinya dan mengerti duduk persoalannya dengan baik,” pungkas Sertu Faisal Lubis.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN