Breaking News

Sosialisasikan Pertanian Dengan Pupuk Organik Bersama Dinas Pertanian Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Cita-cita Kabupaten Simalungun menjadi lumbung pangan negeri mendapat dukungan semua pihak, maka  dengan itu anggota Koramil 14/Raya jajaran Kodim 0207/Simalungun, Sertu Darlijon Purba melaksanakan giat komsos dengan warga tentang Pertanian memanfaatkan Pupuk organik terhadap tanaman Palawija yang dipandu langsung dari dinas pertanian Provinsi. Kegiatan tersebut bertempat di Lingkungan Bahmayu, Kelurahan Sondi Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Jumat (05/05/2023).

Mengawali giatnya, Sertu Darlijon Purba menyampaikan diperlukannya membangun kesadaran masyarakat Kabupaten Simalungun dalam mencintai produk lokal, khususnya produk pertanian.

Bagaimana caranya? hal tersebut disampaikan Sertu Darlijon Purba, bahwa para petani harus mampu menciptakan inovasi baru dalam menghasilkan produk pertanian yang sehat dan aman. "Maka melalui komsos ini para petani diajarkan untuk membuat inovasi baru, seperti pembuatan pupuk organik berbasis eksport guna menghasilkan produk pangan aman sehat di Kabupaten Simalungun," ujarnya.

Dikatakan Sertu Darlijon Purba , inovasi ini merupakan terobasan baru di sektor pertanian Kabupaten Simalungun Karena pupuk organik berbasis eksport tersebut bisa menjadi jawaban selama ini bagi petani tentang berkurangnya kebutuhan dan ketersediaan pupuk bersubsidi. Oleh karena itu, Ia berharap dengan giat ini mampu meningkatkan produktivitas hasil pertanian. "Sehingga para petani berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil yang baik dan bisa menunjang perekonomian mereka dengan menggunakan pupuk organik," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun, mengatakan bahwa dalam kegiatan ini para petani tidak hanya diberikan pelatihan dan teori saja. Tetapi petani juga disuruh praktik langsung untuk membuatan pupuk organik  berbasis enzim. "Targetnya adalah, Kabupaten Simalungun bisa memiliki petani yang ahli dalam bidang pembuatan pupuk organik dan menciptakan pangan aman yang sehat. Disamping itu juga bisa menjadi wadah dalam menampung produk yang dihasilkan dari pertanian organik," imbuhnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN