Breaking News

Pembinaan Generasi Muda Melalui Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika Dilakukan Danramil 13/BP Kodim 0208/Asahan


Asahan  |  Komandan Koramil (Danramil) 13/Buntu Pane jajaran Kodim 0208/Asahan Kapten Inf Mulyanto turun kewilayah untuk turut serta melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap Saka Wira Kartika, dengan memberikan materi Peran pemuda dalam Wawasan kebangsaan kepada para peserta Pramuka Raimuna Cabang Asahan Tahun anggaran 2023, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Balai Karyawan Perkebunan PTPN lll Pulau Mandi Dusun Vll Desa Buntu Pane Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan, Jumat (12/05/2023).

Kegiatan berlangsung di Balai Karyawan Perkebunan PTPN lll anggota putra dan putri Saka Wira Kartika yang berasal dari Gerakan Pramuka di wilayah binaan. Peserta menerima pembekalan materi, diantaranya pembentukan karakter dan kedisiplinan, PBB, wawasan kebangsaan, Krida Navigasi Darat (Navrat), Krida Mountainering, Krida Pioneering dan Krida penanggulangan bencana alam. Dalam kesempatan tersebut, Danramil menyampaikan, anggota Saka Wira Kartika merupakan wadah dalam memobilisasi kader bela negara yang berwawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Saka Wira Kartika merupakan gerakan Pramuka di bawah binaan TNI AD bertujuan menciptakan kader-kader bangsa melalui pemberian pendidikan matra darat bagi gerakan pramuka melalui aksi nyata, produktif dan bermanfaat,” terang Danramil.

Masih menurut Danramil, kerakan Kepramukaan memiliki peran strategis dalam pembentukan kader-kader bangsa sekaligus merupakan salah satu wahana pendidikan non formal dalam membentuk karakter bangsa bagi generasi muda. Karena didalamnya banyak menanamkan untuk ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, mengajarkan kerelaan untuk berkorban dan tolong menolong antar sesama. “Diharapkan gerakan pramuka tetap eksis dan solid dalam mendarmabaktikan karya dan sumbangsihnya demi pembangunan bangsa dan kejayaan NKRI,” pungkas Danramil.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN