Breaking News

Menghadiri Kegiatan Acara Pelaksanaan Rembuk Stanting Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Dalam rangka mendukung percepatan penurunan Stanting di nagori dan pengisian aksi Bangda Provinsi Sumatra Utara, anggota Koramil 10/Tanah Jawa, Kodim 0207/Simalungun, Sertu SM. Purba menghadiri kegiatan acara pelaksanaan Rembuk Stanting dinagori thn 2023. Kegiatan tersebut berlokasi di kantor pangulu Nagori Jawa Maraja, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Kabupaten Simalungun, Sabtu (20/05/2023).

Stunting merupakan masalah gizi kronis, yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu yang lama. Stunting terjadi karena asupan makanan kedalam tubuh tidak sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan, dan itu terjadi dari mulai di dalam kandungan serta baru terlihat setelah usia 2 tahun. Selain pertumbuhan tubuh terhambat, stunting juga dapat mempengaruhi perkembangan otak, mempengaruhi produktivitas, daya serap dan kreativitas di usia produktif anak.

Tujuan dilaksanakannya rapat ini adalah untuk meningkatkan komitmen para pengambil kebijakan dalam peningkatan stunting serta meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam melakukan perencanaan, koordinasi, pemantauan dan evaluasi, serta sosialisasi dan komunikasi interpersonal dan konsistensi serta penetapan data masyarakat Nagari Piobang yang stunting.

Babinsa Sertu SM. Purba mengatakan, dalam rapat tersebut dijelaskan upaya penurunan stunting dapat dilakukan melalui dua intervensi, yaitu intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung dan intervensi gizi sensitif untuk mengatasi penyebab tidak langsung. Penurunan stunting memerlukan pendekatan yang menyeluruh, yang harus dimulai dari pemenuhan prasyarat pendukung.

TNI melalui Kodim 0207/Simalungun dalam hal ini Koramil juga sudah melakukan upaya penurunan stunting dengan pelaksanaan program Bhakti TNI yaitu jambanisasi, guna menjaga sanitasi lingkungan masyarakat wilayah Koramil 08 Akabiluru. “Mari budayakan hidup bersih dan sehat serta melaksanakan perbaikan gizi dalam keluarga untuk mencegah stunting, “Pungkas

Turut hadir dalam kegiatan Pj.Pangulu JawaMaraja Bpk Surung Panggaribuan, Ketua Maujana Bpk R.Siahaan, Babinsa 10/Tj Sertu SM.Purba, Kapus Kec.JMBJ dr.Erik S, BKKBN Ibu Nurmala Sembiring, Bidan Desa Ibu Hotmauli Sinaga, para KPM dan Kader Posyandu, dan para seluruh Gamot senagori JawaMaraja.

 

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN