Breaking News

Danrem 022/PT Hadiri Pembukaan LATSARMIL KOMCAD Tahun 2023


Pematang Siantar  |  Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., turut serta mengahdiri Upacara Pembukaan Pelatihan Dasar Militer Komponen Cadangan Pertahanan Negara Tahun 2023, yang dibuka secara Resmi oleh Panglima Kodam (Pangdam) l/Bukit Barisan Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, MSi, di Rindam l/Bukit Barisan, Jalan Arga Sari, Setia Negara, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar, Senin (08/05/2023).

Pangdam l/BB dalam kesempatan tersebut membacakan Amanat Kemteri Pertahanan Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto menyampaikan, sangat mengapresiasi dan bangga kepada 2.500 orang yang telah berhasil lulus seleksi dan bergabung menjadi anggota komponen cadangan. Ini adalah wujud bela negara saudara-saudara lakukan untuk tanah air Indonesia. Saudara-saudara membawa energi baru bagi penguatan pertahanan negara. Mengingat bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab kemhan dan TNI saja akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa, terangnya.


Dimasa saat ini dan kedepan, Indonesia harus bersiap dengan tren ancaman yang sangat bersifat nimiliter nonkonvensional. Namun kita tidak boleh meninggalkan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi ancaman militer konvensional maupun ancaman sejenis, baik dari dalam negri maupun negara lain. Saya bertekad mendukung negara untuk mewujudkannya. Strategi ini diyakini mampu menangkal segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi yakni dengan melibatkan seluruh komponen bangsa untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, salah satunya adalah pembentukan komponen cadangan.

Sampai dengan tahun 2022, Kemhan telah berhasil memiliki Komponen Cadangan sebanyak 6.077 orang. Kemhan telah membuka perekrutan Komponen Cadangan. Bagi saudara yang memiliki pekerjaan sebagai ASN/Buruh/ Mahasiswa, tidak perlu khawatir karena status saudara selama menjalani masa aktif sebagai anggota Komponen Cadangan tidak menyebabkan pemberhentian/pemutusan hubungan kerja dengan instansi atau perusahaan. Ini juga temasuk bagi mahasiswa yang tetap memiliki hak atas pendidikan akademisnya. Pendidikan anggota Komponen Cadangan akan dilaksanakan di beberapa Rayon dan Kodam, salah satunya di Kodam l/BB sebanyak 500 orang.


Komponen Cadangan adalah pilihan yang tepat untuk siap memberi jiwa dan raga kita membela bangsa dan negara pada saat dibutuhkan. Peru diingat, Komponen Cadangan bukan pekerjaan tapi sebuah bukti sikap cinta kita terhadap tanah air, saya perlu menekankan beberapa hal : Pertama, Buat tradisi baru di satuan pendidikan yang menjadi ciri kebanggaan dan kecintaan terhadap TNI dan NKRI. Kedua, Laksanakan latsarmil dengan baik dan benar sesuai kurikulum yang telah dibuat dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan, baik personel dan materiil. Ketiga, Hindari tindakan arogan pelatih dan beri hukuman yang mendidik serta dapat menjadi contoh dalam sikap dan penampilan. Keempat, Utamakan pemberian materi tentang menembak tingkat pratama dan peraturan militer dasar. Kelima, Jaga nama baik matra dan satuan pendidikan sebagai penyelenggara Latsarmil, tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antaralain, Pandam l/BB, Direktur Veteran Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Heri Pribadi, Danrem 022/PT, Danrindam l/BB, Lo Al Kodam I/BB, Kakesdam l/BB, Kajasdam l/BB, Bupati Simalungun, Perwakilan dari Walikota Siantar, para Dandim jajaran Korem 022/PT, para Dankasatdisjan Jajaran Korem 022/PT, Dandim 0201/BS, Danyon 122/TS, Kapolres Pematang Siantar, Wakapolres Simalungun, Ketua DPRD Simalungun, Ketua KONI, Kaminvetcad 1/09 Simalungun, Perwakilan BRI, Perwakilan BI, Perwakilan Bank Mandiri, Perwakilan PDAM Tirtauli dan Perwakilan Perbakin.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN