Breaking News

Dandim 0207/Simalungun Hadiri Rembuk Stunting Tingkat Kota Pematang Siantar Tahun 2023


Pematang Siantar  |  Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem., M.Han., yang diwakili oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0207/Simalungun Kapten Inf Carles B Tarigan turut serta menghadiri acara Rembuk Stunting Tingkat Kota Pematang Siantar Tahun 2023, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Ruang Data Pemko Pematang Siantar, Rabu (31/05/2023).

Pada kesempatan tersebut Wali kota Pematang Sianțar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya meminta seluruh pihak di Kota Pematang Siantar, khususnya para lurah diminta serius dan berkomitmen mewujudkan penanggulangan dan penurunan Stunting yang terintegrasi dengan memanfaatkan segala potensi yang ada. Tahun ini, Kota Pematang Siantar harus mampu menurunkan prevalensi Stunting 3,22 persen untuk mencapai target Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) prevalensi Stunting sebesar 11,08 persen di tahun 2023, Kota Pematang Siantar mampu menurunkan 0,7 persen prevalensi stunting, dengan hasil prevalensi stunting 14,3 persen, terangnya.

Kota Pematang Siantar berada di urutan ke-4 terendah se-Sumatera Utara dalam upaya pencegahan dan penanganan keluarga beresiko stunting dan balita stunting. Tahun ini harus mampu menurunkan prevalensi stunting 3,22 persen untuk mencapai target RPJMD prevalensi stunting sebesar 11,08 persen di tahun 2023, kita semua harus lebih semangat dalam berkolaborasi dan bersinergi melakukan percepatan penurunan stunting, mencapai target RPJMD yaitu prevalensi stunting 8,96 persen untuk Kota Pematang Siantar di tahun 2024, ujar Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut juga Dandim 0207/Simalungun melalui Pasiter Kodim 0207/Simalungun mengungkapkan, sesuai Instruksi dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., kepada jajaran TNI-AD untuk terus mensosialisasikan pencegahan dan penanganan stunting, yang salah satu program prioritas nasional (Pro-PN) dan akan dilaporkan secara signifikan per Koramil, per Kodim, per Kodam, bagaimana upaya-upaya peningkatan, dengan membantu pemerintah yaitu BKKBN menyelesaikan program-program pemerintah, sehingga diharapkan tidak ada lagi anak-anak stunting, terangnya.

Komitmen bersama ini bukan saja di atas kertas, tapi benar-benar dilaksanakan dengan sepenuh hati, ini menjadi tugas dan tanggungjawab kita semua di dalam memaksimalkan sesuai SK Tim Penanggulangan dan Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tahun 2023, kita harus komitmen dari seluruh pihak terkait untuk bersama-sama mewujudkan penanggulangan dan penurunan stunting yang terintegrasi dengan memanfaatkan segala potensi yang ada, terangnya.

Turut serta hadir dalam kegiatan tersebut antaralain, Dandim 0207/Simalungun diwakili Pasiter Kodim 0207/Simalungun, Kajari Kota Pematang Siantar Jurist Precisely Sitepu SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Pematang Siantar diwakili Emi Simangunsong SE, dan narasumber yakni Dedi Idris Harahap selaku Plt Kepala Bappeda Pematang Siantar, Sekretaris Badan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut Yusrizal Batu Bara SSos, para Staf Ahli, Asisten, pimpinan OPD, camat, Kepala Puskesmas, mewakili Ketua Persit Cabang 34 Kodim 0207/Simalungun, serta para pimpinan BUMN dan BUMD.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN