Breaking News

Dandim 0207/Simalungun Hadiri Acara Coffe Morning Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Simalungun


Simalungun  |  Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem., M.Han.,  turut serta menghadiri Acara Coffe Morning Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Simalungun, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Aula Andar Siahaan Polres Simalungun Kecamatan Raya Kabupaten Kabupaten Simalungun, Selasa (16/05/2023).

Dalam kesempatan tersebut Arahan dan Bimbingan Bupati Kabupaten Simalungun mengungkapkan, menurut saya dimana isu-isu Konflik sengketa  tanah ini bukan hanya di saat ini saja, masalah tanah sangat sensitif dan perlu penanganan khusus, saat ini di Indonesia antara masyarakat dengan perusahaan2 dan BUMN banyak terjadi sengketa lahan jadi memang masalah tanah bagaimana mensiasati membentuk tim khusus menangani Masalah konflik tanah. Dibutuhkan lintas Aparat dan forkopimda untuk mencari penyelesaian di butuh kan mediasi secara kekeluargaan menyelesaikan konflik di tanah Simalungun. Kajian antropologi dan akademik sesuai tuntutan masyarakat sihaporas bahwa di daerah itu tidak ada tanah adat.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, saya selaku kepala daerah saya harus meredam kedua belah pihak menunggu langkah langkah yg di ambil dalam menyelesaikan masalah, yg pasti kepada seluruh camat petakan dlu masalah pertanahan, camat harus jeli melihat kanan kiri atas bawah. Agar mampu mempetakan permasalahan kasus tanah di Kab. Simalungun, harus ada jalan keluar dan solusi. Aset-Aset  Pemerintah kabupaten  harus di petakan agar dapat langsung di tindak lanjuti, dan agar dapat di manfaatkan dan kita semua harus terus bergerak, harus jemput bola. Libatkan semua masyarakat dan tokoh- tokoh masyarakat sosialisasikan masalah kebakaran di seputaran Parapat. Segera tindak lanjuti apabila ada dengan sengaja membakar lahan segera laporkan ke penegak hukum dan buat efek jera kepada pelakunya. Petakan semua keramba jaring apung, ( KJA ) jangan sampai bertambah lagi  yang sudah kita larang dalam penataan kelestarian Keindahan Danau Toba, terangnya.

Kapolres Simalungun juga mengungkapkan, Pemerintah daerah untuk bisa membuka tim penanganan Konflik di daerah, tugas kita untuk pelayanan menangani konflik dimana pun kita di tugaskan. Salah satu konflik pertanahan. Dimana masih banyak yg belum lengkap Administrasi seperti pergantian pemilik bidang tanah HGU dan lain lain, Kami menyampaikan Konflik tanah ini berdampak kepada tindak pidana lain yang bergejolak, saling serang baik secara data maupun secara Fisik ( bentrokan ) sehingga terjerat Tindak Pidana. Bahwa masyarakat kita di himbau sekali lagi dalam permasalahan. Konflik lahan harus sesuai jalur hukum sehingga tidak terjadi bentrokan antar kedua belah pihak dan tidak terjebak dalam pidana lain, saling serang bahkan ada yang saling bunuh/ saling melukai, tutupnya.

Pelaksanaan Acara Coffe Morning Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Simalungun tersebut turut serta dihadiri oleh, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga S.H., M.H., Sekda Kabupaten Simalungun Drs Esron Sinaga Msi, Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C. Sipayung S.H., S.I.K., M.H., Asisten 1 Kabupaten Simalungun Albert Saragih, Asisten 2 Kabupaten Simalungun Ramadani Purba, Kajari Kabupaten Simalungun Irfan herpianto SH.MH., Wakapolres Simalungun Kompol Efianto SH.M.h., Kepala Badan Kesbangpol Arifin Nainggolan SH., Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Simalungun, Staf ahli Kabupaten Simalungun, Sekretaris pariwisata Jahara Girsang, Kepala Dinas Perindustrian Wastin Sinaga, Sekretaris Capil BA Saragih, Sekretaris Badan Kesbangpol Naini Siagian S.sos., Kepala Bidang Konflik Linda Wati Br Purba, Staf jajaran Kesbangpol Kabupaten Simalungun, Para pimpinan OPD Kabupaten Simalungun dan Seluruh Camat Kabupaten Simalungun.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN