Breaking News

Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Adakan Rapat Penetapan BLT TA 2023 Dengan Perangkat Desa


Simalungun   |  Menghindari segala ketimpangan sosial dalam pembagian Dana Desa, maka Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Serbelawan jajaran Kodim 0207/Simalungun Koptu Juliadi turut serta melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan Pangulu Padang Mainu Bapak Sucipto, Sekdes, Mujana dan Gomot Padang Mainu dalam rangka untuk Rapat Penetapan Penerima BLT Tahun 2023, kegiatan tersebut yang dilaksanakan berlokasi di Kecamatan Dolok Batunanggar Kabupaten Simalungun, Rabu (19/04/2023).

Dalam sambutannya Koptu Juliadi menyampaikan Musdesus ini mengacu pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia tentang Pengelolaan Dana Desa “Sedikitnya minimal 10 persen dan maksimal 25 persen Dana Desa dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Selebihnya dapat dimanfaatkan sebagai program pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Desa,” ungkapnya.

Sementara itu Babinsa juga menambahkan maksud dan tujuan diadakannya rapat tersebut utamanya Ketua RT adalah agar sama-sama tahu mengenai warga yang akan dimasukkan menjadi Keluarga Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun anggaran 2023, sehingga dapat tepat sasaran. Untuk itu perlu ada data yang tepat warga terdampak guna menghindari gesekan dan ketidak tepatan sasaran dalam penyaluran bantuan tersebut, ” jelasnya.

Di tempat yang terpisah, Koptu Juliadi menghimbau kepada para Kepala Desa, Kepala Dusun berkaitan dengan data warga mohon pencermatannya untuk dilakukan validasi, verifikasi dan finalisasi diharapkan kepada Babinsa agar memberikan pengertian kepada warganya mengingat banyaknya jenis bantuan yang ada di masyarakat. Sehingga Musyawarah yang dilaksanakan hari ini berjalan dengan tertib dan aman. Serta data yang di input oleh masing-masing perangkat desa benar-benar valid sehingga tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan,” ujarnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN