Breaking News

Lewat Komsos Sosialisasikan Nilai-nilai Dan Makna Pancasila Kepada Warga Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan


Asahan  |  Dalam rangka untuk membangkitkan rasa Nasionalisme dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila, jajaran Kodim 0208/Asahan terus melakukan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mensosialisasikannya, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 11/Simpang Empat jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Rahman turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan warga masyarakat desa binaan, Babinsa mengingatkan penting nya dalam kehidupan bersosial kita menerapkan,dan mengamalkan Nilai nilai Pancasila dan makna pancasila dalam kehidupan sehari hari baik dalam keluarga maupun bermasyarakat, bersama dengan Bapak Erwan, Bapak Suratmi dan Bapak Darman, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Dusun 19 Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan, Sabtu (11/03/2023).

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Serda Rahman menerangkan kita harus saling memiliki kepedulian, membantu dalam kegiatan di masyarakat, menolong tetangga bila ada yang kesusahan, menunjukkan sikap toleran, saling menghormati dan saling menghargai dan tidak membeda-bedakan Ras, Suku, Agama dan Golongan. Dengan dilakukan kegiatan Komsos tersebut dengan hasil yang dicapai, Masyarakat dapat memahami dan mampu menerapkan makna Pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik secara perorangan  sehingga terciptanya persatuan dan kesatuan yang baik.

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa mengingatkan tentang Pancasila adalah dasar negara sekaligus pedoman hidup masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap sila dalam Pancasila saling berhubungan satu sama lain. Akan tetapi, sila pertama hingga sila kelima memiliki nilainya masing-masing sehingga dapat dijadikan landasan dalam kehidupan bermasyarakat, bahwa Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia untuk memberikan arah perilaku agar selaras dengan nilai luhur yang diyakini kebenarannya. Pancasila bukan hanya sebatas dasar negara di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberadaannya turut menjadi pandangan hidup bagi bangsa Indonesia. Sebab, unsur-unsur dalam Pancasila sejatinya tersusun dari beragam pandangan hidup dari masyarakat Indonesia sendiri. Semua nilai-nilai tersebut telah melekat erat pada masyarakat Indonesia semenjak dahulu kala. Setiap manusia mempunyai pandangan hidup dengan tingkatan berlainan dalam menentukan masa depannya. Pancasila yang dijadikan pandangan hidup berarti keberadaannya dapat memberikan arah perilaku masyarakat Indonesia agar sesuai nilai luhur yang diyakini kebenarannya, tegasnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN