Breaking News

Korem 022/Pantai Timur Laksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT)


Pematang Siantar  |  Kegiatan RAT Ke-54 Primer Koperasi Kartika Pantai Timur Tahun Buku 2022, dengan mengusung Tema " Kita mantabkan penataan Koperasi yang sehat usaha, organisasi dan keuangan secara terpadu menuju Koperasi, Mandiri, Maju dan Profesional ". kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Aula Pantai Timur Korem 022/PT Jalan Asahan Km, 3.5 Nagori Siantar Estate Kecamatan SIantar Kabupaten Simalungun, Kamis (16/02/2023).

Kegiatan diawali dengan laporan Kaprim kepada pimpinan rapat yaitu Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., yang dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kadiskop dan UKM Simalungun yang diwakilkan oleh Bapak Zulkifli, S.sos.MM mengungkapkan jadikan Rapat Anggota Tahunan ini untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan kegiatan usaha koperasi ke depan, sehingga Primkop Kartika Pantai Timur menjadi koperasi yang sehat modal, sehat usaha dan sehat manajemen, serta mampu memberikan kontribusi yang berarti kepada satuan dan seluruh anggota. Sebagaimana yang tertuang dalam thema RAT tahun ini, yaitu “Kita mantapkan penataan koperasi yang sehat usaha, organisasi dan keuangan secara terpadu menuju koperasi, mandiri, maju dan profesional”, terangnya.


Selanjutnya Ketua Dekopinda Simalungun Bapak Rudianto Agustinus Damanik mengatakanbahwa pada pelaksanaan RAT seperti inilah kami selaku kepengurusan koperasi pada periode ini akan melaporkan pertanggung jawaban selama kepengurusan kami, dan harapan kita semoga pada RAT ini akan terpilih kepemimpinan yang baru serta harapan kita semoga dengan terpilihnya kepemimpinan yang baru memberikan semangat yang baru serta inovasi inovasi yang baru juga dalam hal pengembangan usaha yang akan dijalankan oleh koperasi Korem 022/PT, sehingga mampu menopang perkembangan dan kemajuan koperasi guna meningkatkan kesejahteraan para anggota koperasi keseluruhan, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Danrem 022/PT pada sambutannya menyampaikan Rapat Anggota Tahunan yang kita laksanakan hari ini, merupakan salah satu sarana untuk mengkaji dan mengevaluasi pertanggungjawaban pengurus dalam melak-sanakan tugas pengelolaan Koperasi selama tahun 2022 yang lalu. Rapat ini nantinya akan mambahas beberapa agenda, antara lain Laporan Pertanggungjawaban Pengurus, Penyusunan Rencana Kerja dan keputusan penting lainnya dalam rangka mengembangkan kinerja koperasi, agar lebih baik lagi ke depan, sekaligus pemilihan ketua dan pengurus yang baru.


Mengingat pentingnya agenda yang akan dibahas, maka seluruh peserta rapat diharapkan dapat berpartisipasi secara proaktif, jujur dan obyektif dalam menilai serta mengevaluasi kinerja pengurus selama ini. Sumbang saran dari seluruh peserta rapat dalam forum ini sangat diharapkan, karena hal ini merupakan wujud konkrit dari tanggung-jawab dan kepedulian untuk turut serta memajukan Primkop Kartika Pantai Timur dalam memantapkan fungsi dan perannya sebagai sarana Komando meningkatkan kesejahteraan Prajurit dan PNS beserta keluarganya.

Pada kesempatan yang baik ini, saya minta kepada pengurus yang terpilih nantinya agar meningkatkan kinerja koperasi ke depan dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada, melalui berbagai bentuk kerjasama yang saling menguntungkan dengan segenap mitra usaha sesuai norma dan ketentuan yang berlaku. Hal ini, harus didukung pula dengan jiwa kewirausahaan dari setiap pengurus yang dilandasi sikap mental, moral dan kepribadian yang jujur serta bertanggungjawab terhadap amanah anggota, sehingga upaya dan usaha yang dilakukan benar-benar sepenuhnya untuk mensejahterakan anggota. Kemudian, peran dan fungsi badan pengawas harus ditingkatkan agar diperoleh optimalisasi  pelaksanaan tugas sesuai dengan prinsip keterbukaan yang dianut koperasi.  Hendaknya juga disadari bahwa manajemen yang sehat, dinamis dan terbuka merupakan tuntutan mutlak bagi keberhasilan koperasi, karena koperasi dibentuk oleh dan untuk kepentingan anggota.


Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, saya menyampaikan beberapa pesan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan koperasi ke depan,  sebagai berikut : Pertama, untuk meningkatkan daya saing koperasi, pengurus, dan pengelola koperasi harus senantiasa meningkatkan kompetensi diri, sebagai modal dasar mengelola koperasi dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada anggota. Kedua, tingkatkan kinerja Pengurus secara  profesional dalam mengelola Koperasi, sehingga mampu memanfaatkan berbagai peluang yang ada melalui pengembangan ide-ide dan inovasi baru untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Ketiga, fungsikan secara optimal tugas Badan Pengawas untuk mengawasi jalannya gerak usaha dan manajemen Koperasi untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang merugikan koperasi, tutup Danrem.

Kegiatan RAT ke-54 Primer Koperasi Kartika Pantai Timur Tahun Buku 2022 tersebut dihadiri oleh Danrem 022/PT, Kasrem 022/PT, Seluruh anggota Primkop Pantai Timur, Kadiskop dan UKM diwakilkan oleh  Simalungun Bapak Zulkifli, S.sos.MM., Ketua Dekopinda Simalungun Bapak Rudianto A. Damanik, Ibu Ketua Persit beserta Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 022/PT.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN