Breaking News

Ajarkan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa SD Negeri 097349 Mayang Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Untuk menumbuhkan jiwa patriotisme terhadap generasi muda penerus bangsa, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Bosar Maligas jajaran Kodim 0207/Simalungun Kopda Sri Wardana turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Bintahwil kepada Siswa-siswi SD Negeri 097349 Mayang, dengan materi yang di berikan Wawasan kebangsaan untuk memupuk dan menanamkan rasa cinta tanah air kepada Siswa-siswi SD Negeri 097349 Mayang sejak usia dini, bersama dengan Kepala Sekolah SD Negeri 097349 Mayang Bapak Holden Tambunan dan Guru SD Negeri 097349 Mayang, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Mayang Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun, Rabu (22/02/2023).

Bintara Pembina Desa 07/Bosar Maligas Kopda Sri Wardana memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri 097349 Mayang yang merupakan salah satu sekolah dasar di Nagori Mayang Kecamatan Bosar Maligas, Babinsa mengatakan pemberian materi Wasbang kepada pelajar sekolah dasar ini dilakukan dalam rangka menanamkan nilai-nilai yang ada pada Pancasila sejak usia dini, hal tersebut penting dilaksanakan agar para siswa-siswi ini dapat menjadi generasi-generasi penerus bangsa yang tangguh, disiplin dan handal yang dapat membanggakan orang tua, masyarakat, Bangsa dan Negara, terangnya.

Materi yang diberikan dalam Wasbang ini meliputi dasar Pancasila, kedisiplinan, kekompakan atau kebersamaan, serta belajar kesantunan dengan bahasa yang mudah dipahami dan dicerna anak-anak. Diharapkan materi ini dapat diaplikasikan oleh para siswa-siswi dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat, khususnya di Kampung Pancasila Beji yang telah dibentuk, harap Kopda Sri Wardana.

Kepala Sekolah SD Negeri 097349 Mayang Bapak Holden Tambunan turut mendukung dan memberikan apresiasi dengan adanya program Kampung Pancasila yang dicanangkan oleh TNI AD khususnya Kodim 0207/Simalungun. Menurutnya hal ini adalah upaya bersama untuk melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam butir Pancasila. "Harapannya, dengan adanya program Kampung Pancasila ini dapat tercipta kehidupan yang saling bertoleransi, rukun, berdampingan dan saling menghormati meski ada perbedaan," pungkasnya.

Babinsa mengajarkan materi wawasan kebangsaan kepada siswa Sekolah Dasar, materi Wawasan Kebangsaan kepada murid SD ini bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme sejak dini. Pemberian materi wawasan kebangsaan ini dilakukan agar siswa dapat menjadi generasi penerus bangsa yang andal serta dapat membanggakan bagi orang tua, masyarakat, bangsa dan negara, materi yang diajarkan dalam wawasan kebangsaan meliputi dasar Pancasila, kedisiplinan, kekompakkan atau kebersamaan, serta belajar kesantunan. Agusman berharap materi ini bisa diaplikasikan oleh siswa SD dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di keluarga atau masyarakat. Pemberian materi wawasan kebangsaan ini diharapkan dapat dapat dicerna, dipahami dan dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi, ujar dia.

Menurutnya pada fase usia dini sangat penting mengajarkan nilai-nilai kebangsaan pada anak, sehingga anak-anak memiliki bekal wawasan yang cukup untuk mengarahkan mereka dalam meraih cita-cita.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN