Breaking News

Tepatnya Di SMP Negeri 2 Pematang Siantar Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Laksanakan Pembinaan Saka Wira Kartika


Simalungun | Guna menanamkan rasa disiplin serta membangkitkan semangat Bela Negara, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Siantar Barat jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu JH Situmorang Melaksanakan kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika ( SWK) Kepada Seluruh Peserta Didik SMP Negeri 2 Pematang Siantar, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Rajamin Purba Kelurahan Bukit Sofa Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematang Siantar, Minggu (11/12/2022).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Sertu JH Situmorang menjelaskan adapun tujuan pelaksanaan pembinaan Saka Wira Kartika (SWK) adalah untuk memberi pendidikan di bidang matra darat bagi anggota Gerakan Pramuka melalui kegiatan nyata, produktif, dan berguna bagi dirinya dan masyarakat sesuai dengan kondisi wilayahnya masing-masing. Matra darat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan, maupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat, seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai, ungkap Babinsa Sertu JH Situmorang.

Salah satu Satuan Karya Pramuka (Saka) yang ada di Indonesia adalah Saka Wira Kartika yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Darat untuk secara khusus mengembangkan pendidikan bela negaraSaka Wira Kartika merupakah wadah kegiatan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Terlihat para siswa siswi begitu antusias dalam menerima materi SWK yang diberikan oleh Babinsa. “Kegiatan ini sengaja kita sinergikan dengan sekolah, hal ini kita laksanakan guna membentuk siswa siswi yang disiplin, Patriotis, dan berwawasan kebangsaan, Serta memiliki Semangat Bela negara.,” ungkapnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN