Breaking News

Gelar Komsos, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Berikan Motivasi Kepada Petani Bawang Merah


Simalungun  |  Komsos ini dilakukan untuk lebih dekat dengan petani, yang bertujuan untuk memberikan semangat dan mensupport para petani agar lebih giat lagi dalam meningkatkan hasil dan mutu panen khususnya bawang merah. "Selama ini para petani sering mendapat perhatian dari Dinas Pertanian adalah padi, kedelai dan jagung, oleh karena itu kami selaku Babinsa perlu untuk membantu petani bawang merah agar harga jualnya bisa bersaing.

Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Dolok Pardamean jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Rohimin turun kewilayah desa binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama para petani bawang tentang hasil pertanian dengan kondisi bahan bahan obat perawatan untuk tanaman semakin mahal, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Tanjung Saribu Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun, Minggu (04/12/2022).

Petani bawang merah di Nagori Tanjung Saribu Kecamatan Dolok Pardamean mengeluhkan rendahnya harga jual bawang merah, seperti yang dialami Ibu Rosita Pasaribu salah satu petani bawang merah di Nagori Tanjung Saribu Kecamatan Dolok Pardamean. Panen yang diharapkannya bisa memberi keuntungan, justru malah membuatnya menanggung kerugian. “Harga bawang merah anjlok sekali,” keluhnya. Terjadinya penurunan harga bawang salah satunya disebabkan karena musim hujan berkepanjangan yang mengakibatkan kualitas bawang merah menurun. Akibatnya harga jual bawang merah dari petani kepada pengepul hanya dihargai dengan harga rendah padahal normalnya harga bawang merah di tingkat petani bisa tinggi. “Harga anjlok karena musim hujan, kualitas bawang merahnya kurang bagus, ungkap Ibu Rosita Pasaribu.

Menyikapi hal tersebut Babinsa Serda Rohimin melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan petani bawang di Nagori Tanjung Saribu Kecamatan Dolok Pardamean. Melalui komsos tersebut Babinsa Serda Rohimin memberikan motivasi kepada petani bawang merah agar tetap bersemangat. Hal tersebut sebagai wujud dukungan TNI khususnya prajurit kewilayahan yaitu Babinsa kepada masyarakat terlebih disaat masa pandemic covid-19 yang saat ini terjadi. Babinsa yang kesehariannya menjabat sebagai Babinsa Nagori Tanjung Saribu Kecamatan Dolok Pardamean berharap semoga kondisi seperti ini segera membaik, harga bawang merah bisa naik sehingga perekonomian warga bisa lebih baik lagi, terang Babinsa Serda Rohimin.

Dikatakannya, selama ini petani bisa menikmati hasil jerih payahnya, karena bawang juga sumber gizi yang baik bagi keluarga. Untuk itu, pihaknya berharap para petani agar merawat tanaman bawangnya dengan cara disemprot agar terbebas dari hama ulat, wereng dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan agar hasilnya bagus dan bisa bersaing dengan petani lain, dengan hasil panen bagus semakin banyak orang tertarik untuk membelinya. Bahkan ke depannya terutama di Nagori Tanjung Saribu Kecamatan Dolok Pardamean bisa meningkat hasil panennya. "Diharapkan petani tidak hanya menanam mengandalkan padi, jagung dan kedelai, karena bawang merah ini juga sangat diperlukan untuk kebutuhan kita sehari-hari,” tambahnya. 

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN