Breaking News

Siswa’i SMA N 2 P. Siantar Dibekali Penguatan Ideologi Pancasila Oleh Wali Kota Dan Dandim 0207/Simalungun


Pematang Siantar  |  Komandan Kodim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han.,  bersama Wali Kota Pematang Siantar turut serta melaksanakan kegiatan Pembinaan Penguatan Ideologi Pancasila kepada Siswa-siswi SMA Negeri 2 Pematang Siantar, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di SMU Negeri 2 Jalan Patuan Anggi no 85 A Kelurahan Sukadame Kecamatan Siantar Utara Kota Pematang Siantar, Rabu (16/11/2022).

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani, Sp.A menerangkan, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 3 disebutkan tujuan pendidikan diselenggarakan agar setiap individu dapat menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar sesuai dengan kebutuhan zaman. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa tidak hanya dibentuk untuk menjadi cerdas, namun juga berkarakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Di dalam Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5), profil pelajar Pancasila adalah pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, terang Walikota.

Pada kesempatan itu juga Dandim 0207/Simalungun mengungkapkan Pelajar harus memiliki karakteristik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Pelajar Indonesia harus memiliki sikap menghormati keberagaman dan toleransi terhadap perbedaan. Pelajar Pancasila wajib memiliki sikap yang kreatif dalam setiap tindakannya. “Menjadikan pelajar Indonesia memiliki kualitas yang dapat bersaing secara nasional maupun global. Semua pelajar harus memliki wawasan kebangsaan untuk dapat mencintai bangsa ini dan mencapai tujuan nasional kita bersama,” tuturnya.

Profil pelajar Pancasila juga mencakup mengenai kemampuan pelajar untuk memiliki paradigma berpikir yang terbuka terhadap perbedaan dan kemajemukan. Pelajar Pancasila harus memiliki kepedulian pada lingkungannya dan menjadikan kemajemukan yang ada sebagai kekuatan untuk hidup bergotong-royong. Terdapat enam elemen atau dimensi profil pelajar Pancasila yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya yaitu, Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia; Berke-Bhinekaan Global; Gotong-royong; Mandiri; Bernalar Kritis dan Kreatif, terang Dandim.

Selanjutnya, dr Susanti bersama Dandim 0207/Simalungun, perwakilan Polres dan Kejari Pematang Siantar menyerahkan buku tentang Pancasila, roll banner, brosur, leaflet dan stiker kepada Kepala SMA Negeri 2 Pematang Siantar.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut turut serta dihadiri oleh, Walikota Pematang Siantar Ibu dr. Susanty Dewayani Sp.A, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., Kasat Narkoba kota pematang Siantar AKBP Fernando S.I.K, Kepala Sekolah SMU Negeri 2 Pematang Siantar Bapak Drs Hasbiansyah Msi, Kepala Badan Kesbangpol Pematang Siantar Ibu Sope M.Saragih msi, Kasipidum Kajari Pematang Siantar Bapak Edi Tarigan, Danramil 01/Siantar Utara Kapten Inf  Prawoto dan Pelajar Siswa Siswi SMU Negeri 2 Pematang Siantar.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN