Breaking News

Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Dampingi Tim Jumantik Berikan Abate Kepada Warga Masyarakat


Simalungun  |  Kegiatan Pembagian Abate berjalan aman, lancar, dan tertib dengan tujuan untuk meminimalisir perkembangan penyakit Demam Berdarah dalam musim penghujan seperti saat ini. Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tiga Balat jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Iskandar Khan turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Team Medis dari Puskesmas Tiga Balata dan Gamot Dusun IV Impres, perihal pembagian Abate (Obat Anti Jentik), kepada keluarga Bapak Muliadi, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Dusun IV Nagori Sibunga-bunga Kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun, Minggu (06/11/2022).

Dalam hal ini Babinsa Serda Iskandar Khan mendampingi Tim pemantauan jentik/Jumantik/pengecekan jentik nyamuk wilayah desa binaan, kegiatan ini efektif dilaksanakan selama musim penghujan seperti sekarang ini, untuk mencegah berjangkitnya demam berdarah, warga Dusun IV Nagori Sibunga-bunga Kecamatan Jorlang Hataran. Para petugas pemantau jentik atau jumantik ini selain berkeliling kampung memantau jentik nyamuk, mereka memberi penyuluhan cara pencegahan penyakit demam berdarah.

Dengan berbekal lampu senter, ibu-ibu mencari jentik nyamuk di rumah-rumah warga. Selain mencari jentik nyamuk, pasukan jumantik memberi penyuluhan tentang bahaya DBD dan cara penanggulanganya. Ibu-ibu ini juga tampak sangat teliti dan tidak segan-segan membersihkan barang-barang bekas yang ditemukan bakal menjadi tempat genangan air hujan. Meskipun belum semua warga benar-benar bebas dari demam berdarah, kegiatan ini mendapat sambutan positif warga. Pasalnya kegiatan ini dinilai efektif untuk menekan berjangkitnya demam berdarah.

Kegiatan pengecekan jentik dilaksanakan di bak mandi dan bak Wc serta bak penampungan air, setelah diadakan pengecekan rata-rata di bak mandi dan penampungan telah di temukan banyak jentik nyamuk. Langkah-langkah pertama yang diambil adalah memberikan pengertian kepada tuan rumah supaya tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah dan kamar mandi, disarankan agar diupayakan diadakan pengurasan terhadap bak mandi setiap 2 hari sekali dan memberikan Abate (Obat Anti Jentik) kepada para warga.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN