Senin, 21 November 2022

Penguatan Idiologi Pancasila Bagi Pelajar SMA Sederajat Dan Sosialisasi Wasbang Dihadiri Dandim 0207/Simalungun

Penguatan Idiologi Pancasila Bagi Pelajar SMA Sederajat Dan Sosialisasi Wasbang Dihadiri Dandim 0207/Simalungun


Pematang Siantar  |  Kegiatan diisi dengan materi Pentingnya Wawasan Kebangsaan Serta Materi Penguatan Ideologi Pancasila. Dalam hal ini Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., turut serta menghadiri Penguatan Idiologi Pancasila Bagi Pelajar SMA Sederajat dan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, kegiatan tersebut yang dilaskanakan bertempat di Gedung Aula Perguruan Sultan Agung, Jalan Sutomo No.89 Nagori Dwikora Kecamatan Siantar Barat Kota Pematang Siantar, Senin (21/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., pada pemberian Materi Wawasan Kebangsaan mengungkapkan penguatan ideologi Pancasila bagi para generasi muda, khususnya kalangan pelajar menjadi hal yang urgen, hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari usaha dan upaya menghadapi era globalisasi-digitalisasi, atau sebagian khalayak menyebutnya era 5.0. masa yang diakui jika tidak disikapi dengan bijak maka akan berpotensi memunculkan ancaman-ancaman yang merongrong keutuhan dan kesatuan bangsa, terutama dari pengaruh media sosial.

Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., menyampaikan, terdapat tiga potensi ancaman bagi bangsa Indonesia, yaitu : ancaman ideologi, ancaman stabilitas politik dan ancaman media sosial.  Para pelajar sebagai aset besar bangsa haruslah dapat memilah dan membentengi diri agar tidak terjerumus dalam berbagai organisasi yang bertentangan dengan Pancasila. "Begitu pula dalam kehidupan berpolitik, suasana demokrasi dan kedamaian harus selalu diciptakan. Sementara itu, di sisi lain ancaman media sosial muncul karena saat ini hampir setiap orang dipastikan menggunakan gawai elektronik, berita dan informasi sangat mudah diakses dan disebar, oleh sebab itu generasi muda harus pandai dalam memilah, jangan menjadi agent of hoax," ungkap Dandim 0207/Simalungun.

Dandim juga menghimbau agar para Pelajar  Sekolah SMA Sultan Agung terus meningkatkan kompetensi diri, sebab tantangan kedepan harus dihadapi dengan kompetensi, yang tidak punya kompetensi pasti akan hilang dari peredaran. "Khususnya dibidang penguasaan Bahasa asing, terutama Bahasa Inggris dan bersungguh-sungguh dalam belajar sehingga bukan tidak mungkin dapat meraih beasiswa diberbagai universitas terkemuka di Indonesia bahkan di negara-negara maju," Pemuda Indonesia diharapkan menjadi pemuda yang berkarakter kebangsaan. Dimana para pemuda memiliki sikap dapat menjaga martabat sebagai manusia, menguatkan tekad sebagai bangsa merdeka, mencintai budaya warisan leluhur, menjunjung tinggi kehidupan berdemokrasi, merajut kesetiakawanan dan menumbuhkan solidaritas social, tutup Dandim.

Selanjutnya Sosialisasi Bahaya Narkoba oleh Kajari Pematang Siantar Bapak Jurist Preciseli Sitepu, dilanjutkan penyerahan Plakat dari Perguruan Sultan Agung, Foto bersama. Selesai.

Dalam pelaksanaan kegiatan Penguatan Idiologi Pancasila Bagi Pelajar SMA Sederajat  bertempat di Aula Perguruan Sekolah Sultan Agung tersebut turut serta dihadiri oleh, Walikota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp A, Kejaksaan Pematang Siantar, Kapolresta Pematang Siantar, Ketua Pengadilan Negeri Pematangsiantar, Staf dan Guru-guru Sekolah Sultan Agung.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved